PERSEPSI TENTANG HARGA PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN KONSUMEN

Ramadhan Ramadhan, Tedi Rusman, Nurdin Nurdin

Abstract


This study aimed to determine the influence of consumer perception of product price,quality of service and customer satisfaction on consumer loyalty to UKM MART LampungUniversity Students Cooperative in 2015. The population in this study amounted to 140 /day. Sampling technique was using Non Probability Sampling using accidental samplingtechnique. The sample in this study amounted to 104 consumers. Unit analysis was usinglinear regression and Path Analysis. The research subjects were the consumen of UKMMART Lampung University Students Cooperative in March 2015. The method used in thisresearch was descriptive verification, ex post facto approach and survey method. The resultsshowed that there was an influence consumer perception of product price, quality of serviceand customer satisfaction to customer loyalty both directly and indirectly.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh persepsi konsumen tentangharga jual produk , kualitas pelayanan dan Kepuasan konsumen terhadap Loyalitaskonsumen pada UKM MART Koperasi Mahasiswa Universitas Lampung 2015.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 140/hari. Teknik sampling denganmenggunakan Non Probability Sampling dengan menggunakan Teknik AccidentalSampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 104 konsumen. Unit analisisdengan menggunakan Regresi Linier dan Path Analysis. Subjek penelitian yaitukonsumen UKM MART Koperasi Mahasiswa Universitas Lampung bulan Maret2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif,dengan pendekatan ex post facto dan metode survey. Hasil penelitian menunjukkan:bahwa ada pengaruh persepsi konsumen tentang harga jual produk, kualitaspelayanan dan Kepuasan konsumen terhadap Loyalitas konsumen baik secara.

Kata kunci: harga, kualitas pelayanan, loyalitas dan kepuasan konsumen.


Full Text:

PDF

References


Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran.Jakarta: PT INDEKS.

Kotler dan Amstrong. 2006. Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Majid. 2011. Customer Service. Jakarta: Rajawali Pers.

Ridwan, 2005. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. dkk. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Cv Andy Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F9294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.