EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN TPS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Yessy Yolanda, Pujiati Pujiati, Nurdin Nurdin

Abstract


This study examined the effectiveness of Problem Based Learning model and Think Pair Share in improving critical thinking skills class IX students of SMP Negeri 8 Bandar Lampung. The method used was comparative with experimental approaches. The population were 250 students with a total sample of 48 students wich was determined by cluster random sampling technique. The collection the data through observation, documentation, and testing. Hypothesis testing used the formula t-test analysis of two independent samples. The results showed: (1) There were differences in the critical thinking skills of students learning to use the model PBL with students learning to use TPS. Critical thinking skills in the classroom experiments that were treated by using cooperative learning model PBL was higher than the control class that was treated by using a model of TPS. (2) There were differences in effectiveness between the model PBL with TPS in improving students' critical thinking skills.

Penelitian ini mengkaji tentang efektifitas model pembelajaran Problem Based Learning dan Think Pair Share dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IX SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi 250 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 48 siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis t-test dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model PBL dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan TPS. Keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe PBL lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan menggunakan model TPS. (2) Terdapat perbedaan efektivitas antara model PBL dengan TPS dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, problem based learning, think pair share


Full Text:

PDF

References


Achmad, A.2007. Memahami Berpikir Kritis. Online (http://research.com/1007, diakses 2 Desember 2014).

Dahar, R.I.N. 1998. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Darmawan, D. 2010. Model- Model Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Eggen dan Kauchak. 1998. Educational Pschicologi/ Windows On Classrooms. New Jersey: Prentice Hall.

Huda, M. 2011. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mahmudi. 2009. Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Nasution. 2000. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Samwar. 2013. Pengaruh Penggunaan Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. FKIP UNILA. Bandar Lampung

Tilaar, H.A.R. 2011. Pedagogik Kritis. Jakarta: Bumi Aksara

Trianto. 2009. Mendesain. Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Media Prenada.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F9197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.