EFEKTIVITAS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MENGGUNAKAN PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING MEMPERHATIKAN EQ
Abstract
This study aimed to determine the effectiveness between Problem Solving and Problem Posing learning model in improving student creative thinking skills.This research method was the quasi-experimental method with comparative approach. Samples were taken by cluster random sampling. The results showed that: (1) there was a different in thinking skills students who used the learning model Problem Posing with students who used the Problem Solving learning model; (2) there wasa different in creative thinking skills students who used Problem Posing learning model which was higher than students who used the Problem Solving learning model for students who had high emotional intelligence; (3) there was a different in creative thinking skills students who used Problem Posing learning model which was lower than students who used the Problem Solving learning modelfor students who had low emotional intelligence, and (4) there was an interaction between the cooperative learning model of emotional intelligence to the creative thinking skills.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas antara model pembelajaran Problem Posing dan Problem Solving dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan pendekatan komparatif.Sampel diambil berdasarkan cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan keterampilan berpikir siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Posing dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving, (2) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Posing lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving bagi siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi (3) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Posing lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving bagi siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah , dan (4) terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif pada kecerdasan emosional terhadap keterampilan berpikir kreatif
Kata kunci: kecerdasan emosional, keterampilan berpikir kreatif, problem posing, problem solvingFull Text:
PDFReferences
Amri, S.. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya
Hamiyah, N.. 2014. Srategi Belajar Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya
Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Malang (UM Press)
Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Gaung Persada Press
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru.Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono.2009,MetodePenelitian Pendidikan(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D)Bandung: Penerbit Alfabeta
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Suprijono, A.2011. Cooperatif Learning Teoridan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Uno, H. B.2008. Proses Belajar Mengajar.Bumi Aksara:Jakarta
Viyanti. 2012. Metodologi Pembelajaran Lampung : Universitas Lampung
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F9168
Refbacks
- There are currently no refbacks.