PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL NHT DAN TTW DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN ADVERSITAS

Meli Puspita, Eddy Purnomo, Tedi Rusman

Abstract


This research was about comparison of IPS Terpadu learning result with Number Head Together (NHT) and Think Talk Write (TTW) with concerning the intelegency of students at the first grade of junior high school 1 Kasui. The result of analysis showed: (1) There was difference on students learning result in which learning by using NHT and TTW model, (2) There was interaction between learning model and intelegency of adversity student on learning result of IPS Terpadu, (3) The result of students that used NHT model was better than TTW model for student who have high intelegency of adversity, (4) The result of learning that used TTW was lower than NHT model for student who have high intelegency of adversity.

Penelitian ini mengkaji tentang perbandingan hasil belajar IPS Terpadu dengan model Number Head Together (NHT) dan Think Talk Write (TTW) dengan memperhatikan kecerdasan adversitas kelas VIII SMP Negeri 1 Kasui. Metode penelitian ini adalah experimen semu dengan pendekatan komparatif. Hasil analisis menunjukan: (1) ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajarannya menggunakan model NHT dan TTW, (2) ada interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan adversitas siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu. (3), hasil belajar siswa menggunakan model NHT lebih baik dibandingkan model TTW untuk siswa yang memiliki kecerdasan adversitas tinggi, (4) hasil belajar menggunakan model TTW lebih rendah dari pada model NHT untuk siswa yang mempunyai kecerdasan adversitas rendah.

Kata kunci : hasil belajar, number head together, think talk write


Full Text:

PDF

References


Huda. M. 2013. Cooperatif Learning Metode, Teknik, Struktur, Dan Model Penerapan. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Lasmono. 2004. Adversity Quentient. Jakarta: PT.Gramedia.

Stoltz. P. G. 2004. Adversity Quentient. PT. Jakarta: PT.Gramedia.

Sudjana. A. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung. Alfabeta.

Winata. P. 2008. Adversity Quentient. Jakarta: PT.Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F9056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.