PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL NHT DAN TTW DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN ADVERSITAS
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang perbandingan hasil belajar IPS Terpadu dengan model Number Head Together (NHT) dan Think Talk Write (TTW) dengan memperhatikan kecerdasan adversitas kelas VIII SMP Negeri 1 Kasui. Metode penelitian ini adalah experimen semu dengan pendekatan komparatif. Hasil analisis menunjukan: (1) ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajarannya menggunakan model NHT dan TTW, (2) ada interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan adversitas siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu. (3), hasil belajar siswa menggunakan model NHT lebih baik dibandingkan model TTW untuk siswa yang memiliki kecerdasan adversitas tinggi, (4) hasil belajar menggunakan model TTW lebih rendah dari pada model NHT untuk siswa yang mempunyai kecerdasan adversitas rendah.
Kata kunci : hasil belajar, number head together, think talk write
Full Text:
PDFReferences
Huda. M. 2013. Cooperatif Learning Metode, Teknik, Struktur, Dan Model Penerapan. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Lasmono. 2004. Adversity Quentient. Jakarta: PT.Gramedia.
Stoltz. P. G. 2004. Adversity Quentient. PT. Jakarta: PT.Gramedia.
Sudjana. A. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung. Alfabeta.
Winata. P. 2008. Adversity Quentient. Jakarta: PT.Gramedia.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F9056
Refbacks
- There are currently no refbacks.