HASIL BELAJAR IPS TERPADU MODEL PBL DAN PJBL DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BELAJAR

Miftahul Khairiah, Yon Rizal, Tedi Rusman

Abstract


This research aims to determine the student achievement using PBL and PjBL model in improving learning result in IPS Terpadu by considering students learning motivation. Based on the results of the research obtained: (1) There is a difference of students learning result in IPS Terpadu between the model of PBL and PjBL, (2) There is a difference of students learning results in IPS Terpadu for the low motivations student and high motivations student, (3) Results of IPS Terpadu learning using PBL model is higher than the PjBL at students who have a high learning motivation, (4) Results of IPS Terpadu learning using PjBL model is higher than the PBL at students who have a low learning motivation, (5) There is interaction beetwen PBL and PjBL with students learning motivation on IPS Terpadu subject.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan dan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran PBL dan PjBL dengan memperhatikan motivasi belajar. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL dan PjBL, (2) Terdapat perbedaan hasil belajar IPS Terpadu bagi siswa yang memiliki motivasi tinggi dan rendah, (3) Hasil belajar IPS Terpadu siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL lebih tinggi dibandingkan PjBL pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, (4) Hasil belajar IPS Terpadu siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PjBL lebih tinggi dibandingkan PBL pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, (5) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu.

Kata kunci: hasil belajar, motivasi belajar, PBL, PjBL


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama

Djamarah, S.B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta:Rineka Cipta

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Juhri. 2009. Landasan dan Wawasan Pendidikan. Jakarta: Panji Grafika

Majid, A. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Interes Media

Sani, R.A. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sardiman. 2005. Interaksi Belajar dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Uno, H.B. 2012. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F8842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.