HASIL BELAJAR IPS TERPADU ANTARA MODEL KOOPERATIF TIPE PBL DAN TIME TOKEN

Fitri Maretta, Edy Purnomo, Yon Rizal

Abstract


Background of this research was the low learning social studies achievement. The purpose of this research was to compare the learning achievement of student by using PBL and Time Token models. The method used in this research was the quasi experiment. The population in this study were all students of class VII consists of seven classes with 289 students and the number of sample was 82 students. The result showed that: (1) learning spiritual attitude achievement of student in PBL model was lower than in the Time Token model, (2) learning social attitude achievement of student in PBL model was lower than in the Time Token model, (3) learning knowledge achievement of student in PBL model was higher than in the Time Token model, (4) learning skills achievement of student in PBL model was higher than in the Time Token model.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar IPS Terpadu yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model PBL dan Time Token. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari tujuh kelas dengan jumlah 289 siswa dan sampel berjumlah 82 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) hasil belajar sikap spiritual siswa pada model PBL lebih rendah dibandingkan pada model Time Token, (2) hasil belajar sikap sosial siswa pada model PBL lebih rendah dibandingkan pada model Time Token, (3) hasil belajar pengetahuan siswa pada model PBL lebih tinggi dibandingkan pada model Time Token, (4) hasil belajar keterampilan siswa pada model PBL lebih tinggi dibandingkan pada model Time Token.

Kata kunci: hasil belajar, PBL, time token


Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Cahyo, Agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Jogjakarta: Diva Press

Isjoni. 2012. Cooperative Learning-Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta

Kunandar. 2014. Penilaian Outentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers

Kurinasih, Imas dan Sani, Berlin. 2014. Implementasi Kurikulum 2013: Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F8589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.