PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE INQUIRY DAN DL DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang perbandingan hasil belajar IPS Terpadu dengan metode Inquiry dan Discovery Learning (DL) dengan memperhatikan motivasi berprestasi kelas VIII SMP Negeri 1 Banjit. Hasil analisis (1) ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Inquiry dan DL, (2) ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi dan rendah, (3) hasil belajar menggunakan metode DL lebih tinggi dari pada metode inquiry untuk siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi, (4) hasil belajar siswa menggunakan metode DL lebih rendah dari pada metode Inquiry untuk siswa yang mempunyai motivasi berprestasi rendah, (5) ada interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu.
Kata kunci : DL, hasil belajar, inquiry
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Hamalik, B. Uno. 2001. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani
Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Aktif Dan Menyenngakan. Bandung: Rosdakarya.
Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suryosubroto, B.2002. Proses Belajar Mengajar Disekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Wahyudi, Imam. 2012. Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta : Prestasi Pustaka
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F8139
Refbacks
- There are currently no refbacks.