EFEKTIVITAS TIME TOKEN DAN TS-TS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MEMPERHATIKAN SQ
Abstract
The purpose of this research is to determine the effectiveness of the Time Token and TS-TS learning model in improving social skills by paying attention to students' spiritual intelligence. The method used is a quasi-experiment. Hypothesis testing is using Anova and t-test. Based on the results of the research it is found (1) there is a difference between the model of learning social skills Time Token and TS-TS on Integrated Social Science subjects, (2) Time Token learning model is more effective than the TS-TS for students who have a high SQ in improving social skills, (3) TS-TS learning model is more effective than Time Token for students who have a low SQ in improving social skills, (4) there is an interaction between the use of learning models and SQ against social skills of students.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas antara model pembelajaran Time Token dan TS-TS dalam meningkatkan keterampilan sosial dengan memperhatikan kecerdasan spiritual siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu. Pengujian hipotesis menggunakan anava dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan (1) adanya perbedaan keterampilan sosial antara model pembelajaran Time Token dan TS-TS pada mata pelajaran IPS Terpadu, (2) model pembelajaran Time Token lebih efektif dibandingkan TS-TS bagi siswa yang memiliki SQ tinggi dalam meningkatkan keterampilan sosial, (3) model pembelajaran TS-TS lebih efektif dibandingkan Time Token bagi siswa yang memiliki SQ rendah dalam meningkatkan keterampilan sosial, (4) terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan SQ terhadap keterampilan sosial siswa.
Kata kunci: keterampilan sosial,SQ, time token, TS-TS.
Full Text:
PDFReferences
Agustian, Ary Ginanjar. 2013. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ.Cetakan ke-47. Jakarta:Arga Publishing.
Danah Zohar dan Ian Marshall. 2011. SQ Memanfaatkan Kecerdasan Memaknai Kehidupan,Terjemahan Rahmi. cet.Ke-1, hlm20. Bandung: Kronik Indonesia Baru,
Huda, MIftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Cetakan ke-4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ibrahim, M, dkk. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Press.
Maryani, Enok. 2011. Pengembangan Program Pembeajaran IPS untuk Peningkatan Keterampilan Sosial. Cetakan ke-1. Bandung: Alfabeta.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Safaria, Triantoro. 2007. Spiritual Intelegence. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan ke-17. Bandung: Alfabeta.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter.Jakarta: Kharisma Putra Utama.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F8129
Refbacks
- There are currently no refbacks.