PENGARUH PENDIDIKAN ETIKA DALAM KELUARGA DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
This study is aims to determine the effect of the attitude education in family and the students learning activity in the school of the accounting study. The method used is descriptive approach verification ex post facto and surveys. The population in this study are all the students of class XI IPS consist of 101 students and the sample is 81 students who are determined by the Cochran formula. The sampling technique that is probability sampling using simple random sampling. The hypothesis testing uses simple linear regression and multiple linear regression. The results show that: There is an impact of attitude education in family on the results of the accounting study. There is an impact of the students learning activity in the school on the results of the accounting study. There is an impact of attitude education in family and the students learning activity in the school on the results of the accounting study.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan etika dalam keluarga dan aktivitas belajar siswa di sekolah terhadap hasil belajar akuntansi. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS dengan jumlah 101 siswa dan sampel 81 siswa yang ditentukan dengan rumus cochran. Teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling menggunakan simple random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier multipel. Hasil analisis menunjukkan bahwa: Ada pengaruh pendidikan etika dalam keluarga terhadap hasil belajar akuntansi. Ada pengaruh aktivitas belajar siswa di sekolah terhadap hasil belajar akuntansi. Ada pengaruh pendidikan etika dalam keluarga dan aktivitas belajar siswa di sekolah terhadap hasil belajar akuntansi.
Kata kunci: aktivitas, etika, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, Syaiful Bahri, Drs dan Drs. Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Irwanto. 2002. Psikologi Umum. Jakarta: PT. Prenhallindo.
Rusman, Tedi. 2011. Penentuan Besarnya Sampel Penelitian Menggunakan Rumus Cochran.
Rusman, Tedi. 2011. Statistik Penelitian Dengan SPSS. Bandar Lampung.
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Zuariah, Nurul. 2007. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Persfektif Perubahan. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F8125
Refbacks
- There are currently no refbacks.