PERBANDINGAN KECERDASAN MORAL DAN SPIRITUAL ANTARA MODEL COOPERATIVE SCRIPT DENGAN ROLE PLAYING

Eka Mitra, Edy Purnomo, Yon Rizal

Abstract


The problem in this research is the lack of moral on intelligence integrated social studies class VIII even semester SMP Sejahtera Bandar Lampung. The purpose of this study to determine differences in moral intelligence using cooperative learning model cooperative script and role playing. The research method used in this study is a quasi experimental research method with a comparative approach. The Results showed: (1) there is a differences of moral intelligence of students whose learning using cooperative learning model of Cooperative Script and Role Playing, (2)the moral intelligence in students who have low SQ learning using cooperative learning model of Cooperative Script higher than the Role Playing model, (3) moral intelligence to students who have a high SQ learning using cooperative learning model of Cooperative Script lower than using Role Playing model, (4) there is an interaction effect between the SQ model of cooperative learning on students' moral intelligence on integrated social science subjects.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kecerdasan moral pada mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII semester genap SMP Sejahtera Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kecerdasan moral dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script dan rolle playing. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada perbedaan kecerdasan moral siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dan Rolle Playing, (2) Kecerdasan moral siswa yang memiliki SQ rendah yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Cooperative Script lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Rolle Playing, (3) Kecerdasan moral pada siswa yang memiliki SQ tinggi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Cooperative Script lebih rendah dibandingkan menggunakan model pembelajaran Rolle Playing, (4) Ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dankecerdasan spiritual terhadap kecerdasan moral siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu.

Kata kunci: CS, kecerdasan moral, RP, spiritual

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Agustian, Ary, Ginanjar. 2009. ESQ Emotional Spiritual Question. Cetakan ke empat puluh tujuh. Jakarta: Yudhistira ANM Massardi.

Borba. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Rineka Cipta

Danah Zohar dan Ian Marshall. 2009. SQ Memanfaatkan Kecerdasan Memaknai Kehidupan Terjemahan Rahmi. Bandung ; Kronik Indonesia Baru, cet.Ke-1, hlm20.

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Nurhadijah, Ijah. 2011. Model Pembelajaran Cooperative Script. Cirebon : IAIN.

Riyanto, Ahmad. 2009. Model Pembelajaran Cooperatif.Jakarta: Yudhistira.

Sani, Abdulah, Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Cetakan Pertama. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan ke tujuh belas. Bandung : Alfabet.

Zubaedi. 2011.Desain Pendidikan. Jakarta: Kencana




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F8123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.