HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN TGT DAN TAI DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR SISWA
Abstract
This research is supported by learning outcomes economy which is low. The purpose of this research is to know the difference of economic learning outcomes and the presence or absence of interaction between students whose learning using TGT and TAI models regarding to the learning interest. Methods which is used is quasi experimentation. The population are 159 students with 53 students as the sample. Data collection is through interviews, observation, documentation, tests and poll. Hypotheses testing is using two sample independent test and variance two ways analysis. Based on analysis of data, it obtained that there are differences between learning outcomes economic and there is interaction between students whose learning are using TGT and TAI model regarding to the interest of learning.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar ekonomi yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi dan ada tidaknya interaksi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model TGT dan TAI dengan memperhatikan minat belajar. Metode yang digunakan eksperimen semu. Populasi berjumlah 159 siswa dengan sampel 53 siswa. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes dan angket. Uji hipotesis menggunakan t-test dua sampel independen dan analisis varians dua jalan. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar ekonomi dan ada interaksi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model TGT dan TAI dengan memperhatikan minat belajar.
Kata kunci: hasil belajar, minat belajar, TAI, TGT
Full Text:
PDFReferences
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif (Suatu Pendekatan Teoritis Psikologi). Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hermansyah, Nurul Amalia Shadriana 2014. Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Teknik Permainan Word Square untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Perancis Tingkat Pemula. Universitas Pendidikan Indonesia.
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rogy, Hazmy Adlianto. 2013. Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan TPS (Think Pair Share) terhadap Hasil Belajar Pengukuran Listrik di SMKN 2 Cimahi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sunarti dan Sally Rahmawati. 2014. Penilaian dalam Kurikulum 2013 (Membantu Guru dan Calon Guru Mengetahui Langkah-langkah Penilaian Pembelajaran). Yogyakarta: Andi.
Talitha, Rahma Intan. 2013. Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam Pendidikan Kewarganegaraan untuk Menciptakan Kecakapan Kewarganegaraan Siswa (Studi Kuasi Eksperiment di Kelas X SMK Pasundan Subang pada Konsep Sistem Politik Indonesia.Universitas Pendidikan Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F8119
Refbacks
- There are currently no refbacks.