Abstract
This study examines the social studies learning outcomes comparison with model Discovery Learning (DL) and Project Based Learning (PjBL) with regard interest in studying in class VIII SMP Negeri 1 Gadingrejo. The result of data analyzing showed: (1) there is a difference of students average result stud of social studies using DL models and PjBL models, (2) students result study using DL are higher than PjBL for the students who have high interest in learning, (3) students result study using DL are lower than PjBL for the students who have low interest in learning, (4) there is a difference of students average result study for the students who have high and low interest in learning, (5) there is an interaction between learning model and students interest to the students result study of social studies.Penelitian ini mengkaji tentang perbandingan hasil belajar IPS Terpadu dengan model
Discovery Learning (DL)
dan
Project Based Learning (PjBL)
denganmemperhatikan minat belajar kelas VIII SMP Negeri 1 Gadingrejo. Metode yang digunakan komparatif dengan pendekatan eksperimen. Hasil analisis (1) ada perbedaan rata-rata hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajarannya menggunakan model DL dan PjBL, (2) hasil belajar menggunakan model DL lebih tinggi dari pada model PjBL untuk siswa yang mempunyai minat belajar tinggi, (3) hasil belajar siswa menggunakan model DL lebih rendah dari pada model PjBL untuk siswa yang mempunyai minat belajar rendah, (4) ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang mempunyai minat tinggi dan rendah, (5) ada interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu.
Kata kunci: DL, hasil belajar, PjBL
References
Anita, Lie. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Dimyanti dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hanafiah, Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Rafika Aditama.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Ilmu Pengetahuan Sosial (Buku Guru). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan
Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.
Sani, Ridwa Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Akasara.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.