PENGARUH MINAT BACA, LINGKUNGAN BELAJAR, DAN PEMANFAATAN SARANA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
This study aims to determine the effect of reading, learning environment and utilization of learning on learning outcomes of students of class VII Integrated IPS SMP Kartika II-2 Bandar Lampung academic year 2014/2015. The method used in this research is descriptive method approach verification ex post facto. The population in this study amounted to 256 students and a sample of 156 students. Data were collected through questionnaires and processed by a computer through SPSS version 16. Based on the analysis of data obtained research results show that: (1) There is an effect on the students' interest in reading learning outcomes Integrated Social Science (2) There is a study of environmental influences on learning outcomes Integrated Social Science (3) There is a learning tool utilization effect on learning outcomes Integrated Social Science (4) There is the effect of reading, learning environment and utilization of learning on learning outcomes Integrated IPS.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat baca, lingkungan belajar dan pemanfaatan sarana belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Kartika II-2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah dengan 256 siswa dan sampel 156 siswa. Data yang terkumpul melalui angket dan diolah dengan komputer melalui program SPSS versi 16. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh minat baca siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu (2) Ada pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu (3) Ada pengaruh pemanfaatan sarana belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu (4) Ada pengaruh minat baca, lingkungan belajar dan pemanfaatan sarana belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu.
Kata kunci: hasil belajar, lingkungan belajar, minat baca, pemanfaatan sarana belajarFull Text:
PDFReferences
Alwi Hasan dkk. 2005 . Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka.
Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi angkasa.
Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Riduwan. 2005. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rusman, Teddy. 2011. Statistik Penelitian Dengan SPSS. Bandar Lampung.
Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sidi, Indra Djati 2005. Menuju Masyarakat Belajar. Jakarta: Paramadina.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F7410
Refbacks
- There are currently no refbacks.