PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR

Leni Asnawati, I Komang Winatha, Tedi Rusman

Abstract


This research aims to find out the effect of learning discipline, learning motivation, and learning environment at school towards Economics learning results. The method used in this research is descriptive verificative method with an ex post facto approach and survey. The population of this research are 94 students. The sample of this research are 72 students. Data collecting techniques used are observation, questionnaires, and documentation. Based on the analysis of data, the results show that: (1) there is an effect of learning discipline towards Economics learning. (2) there is an effect of learning motivation towards economics learning result. (3) there is an effect of learning environment at school towards Economics learning result. (4) there are some effects of learning discipline learning motivation and learning environment at
school towards economic.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar, motivasi belajar dan lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 94 siswa.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket (kuisioner), dan
dokumentasi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi. (2) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi. (3) Ada pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar ekonomi. (4) Ada pengaruh disiplin belajar, motivasi belajar dan lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar ekonomi.


Kata kunci: hasil belajar, disiplin belajar, lingkungan belajar di sekolah, motivasi belajar


Full Text:

PDF

References


Aslamiyah. 2007. Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI Semester Ganjil SMA Negeri 14 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Lampung: Universitas Lampung

Darmadi, Hamid. 2010. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung:Alfabeta

Djamarah, Syaiful Bahridan Drs. Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Mulyanto, Agus. 2011. Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI Semester Genap di SMA Negeri 1 Kalirejo Tahun Pelajaran 2009/2010. Lampung: Universitas Lampung.

Mutmainah.2013. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Guru Dalam Mengajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Semester Ganjil MTs Nurul Iman Sekincau Tahun Pelajaran 2012/2013. Lampung: Universitas Lampung.

Nawawi, H. Hadari. 2003. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rusman, Teddy. 2011. Aplikasi Statistik Penelitian Dengan SPSS. Bandar Lampung.

Slameto, 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, 2012.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung :Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F6066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.