PENGARUH DISIPLIN, PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR

Faisal Sofyan, Yon Rizal, Nurdin Nurdin

Abstract


This research aims to determine whether there is influence of learning dicipline and students perception of teacher’s teaching method to learning outcomes of IPA Terpadu for VII class students of Purnama Junior High School in Trimurjo on 2012/2013 academic year. The method used is verificative description with ex post facto approach. The amount of population is 103 students and the sample is about 82 students by using slovin formula. To find out hypotheses 1 and 2 using simple linear regression and hypothesis 3 by using multiple linear regression. The results of analysis show that: (1) There is influence of learning dicipline to learning outcomes of integrated social subject; (2) There is influence of students perception of teacher’s teaching method to learning outcomes of IPS Terpadu; (3) There is influence of learning dicipline and students perception of teacher’s teaching method on learning outcomes of IPS Terpadu.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh disiplin belajar dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar ips terpadu siswa kelas VII semester ganjil SMP Purnama Trimurjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif verivikatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 103 orang siswa dengan jumlah sampel berdasarkan rumus slovin sejumlah 82 orang. Untuk mengetahui hipotesis 1 dan 2 menggunakan regresi linier sederhana dan hipotesis 3 dengan menggunakan regresi linier multiple. Hasil analisis menunjukan bahwa: (1) Ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar ips terpadu;(2) Ada pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar ips terpadu;(3) Ada pengaruh disiplin belajar dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar ips terpadu.

 

Kata kunci: disiplin, hasil belajar, metode


| Abstract views: 128 | PDF views: 253

Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono . 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatf, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Walgito, Bimo. 2005. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F5815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.