PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MENGGUNAKAN ICT DAN GRAFIS MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL

Levina Rizki Narulita, Yon Rizal, Tedi Rusman

Abstract


This quasi experimental research aims to know the difference of learning media. Population in this research was eight grade students in SMP Kartikatama Metro, Lampung in academic year 2013/2014, the sample were VIII C and VIII D class choosen by using cluster random sampling technique. The results of the research are:(1) There is a difference achievement between ICT and grapichs learning media;(2) Student learning outcomes that have a low initial learning capability using graphic media lower than students whose learning using ICT media;(3) student learning outcomes that have a high initial learning capability using ICT media higher than students learning to use the media graphic;(4) There is an interaction between the media of learning with prior knowledge.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Kartikatama Metro, Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII C dan VIII D yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan:(1) Ada perbedaan hasil belajar antara media pembelajaran ICT dan grafis;(2) Hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan awal rendah yang pembelajarannya menggunakan media grafis lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan media ICT;(3) Hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi yang pembelajarannya menggunakan media ICT lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan media grafis;(4) Ada interaksi media pembelajaran dengan kemampuan awal.

Kata kunci: ICT, kemampuan awal, media grafis.


Full Text:

PDF

References


Ardila, Yeni. 2013. Studi Perbandingan Hasil Belajar IPS Terpadu Menggunakan Media Hand Out dan Media ICT Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Metro Kota Metro TP 2012/2013. Skripsi FKIP Universitas Lampung

Arifin, Zainal,dkk. 2012. Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT. Yogyakarta : PT. Skripta Media Creative

Arsyad,Azhar. 2011. Media pengajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Djamarah, dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rhineka Cipta

Handika, Jeffry dan Praptiwi. 2012. Efektivitas Metode Kooperatif Tipe GI Dan STAD Ditinjau Dari Kemampuan Awal. IKIP PGRI Madiun : Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Hayati, Tri. 2009. Pengaruh Media ICT & Persepsi siswa tentang Kompetensi Guru dalam Mengajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi di kelas RSBI SMA N 2 Bandar Lampung TP 2008/2009. Skripsi FKIP Universitas Lampung

Munir. 2008. Kurikulum Berbasis TIK. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Sadiman, Arif S, dkk. 2007. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Sudjana. 2011. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : PT.Pustaka Insan Madani




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4996

Refbacks

  • There are currently no refbacks.