PENGARUH KONSEP DIRI, IQ, IKLIM SEKOLAH, PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU

Dwi Lestari, Edy Purnomo, Nurdin Nurdin

Abstract


The goal of this research is to know the effect of self-concept, Intelligence Quotient (IQ), school climate, and student perceptions of teacher competence on economic learning outcomes. The method used is descriptive method of verification. Data collecting technique that is using by questionnaires and documentation. Testing hypotheses is using regression analysis techniques. Based on the results obtained findings (1) There is the influence of self-concept on learning outcomes of the economy; (2) There is an effect on learning outcomes IQ economy; (3) There is an influence of school climate on learning outcomes of the economy; (4) There is an influence of students' perceptions of teacher competence on economic learning outcomes; and (5) There is an influence of self-concept, IQ, school climate, and student perceptions of teacher competence on economic learning outcomes.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri, Intelligence Quotient (IQ), iklim sekolah, dan persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap hasil belajar ekonomi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif. Teknik pengambilan data yaitu dengan angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan (1) Ada pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar ekonomi; (2) Ada pengaruh IQ terhadap hasil belajar ekonomi; (3) Ada pengaruh iklim sekolah terhadap hasil belajar ekonomi; (4) Ada pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap hasil belajar ekonomi; dan (5) Ada pengaruh konsep diri, IQ, iklim sekolah, dan persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap hasil belajar ekonomi.

Kata kunci: hasil belajar, iklim sekolah, IQ, konsep diri, persepsi siswa tentang kompetensi guru.


Full Text:

PDF

References


Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Kunandar. 2007. Guru Professional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Styron Jr, Ronald A., Nyman, Terri R., 2008. Kunci Karakteristik Kinerja Sekolah Menengah. RMLE Online. 31(5). 1-17. (Online). Tersedia: http://www.nmsa.org/portals/0/pdf/publications/RMLE/rmle_vol31_no5.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.