PENGARUH DISIPLIN KERJA, SARANA, KOMPENSASI TERHADAP KINERJA GURU SERTIFIKASI SMK BANDAR LAMPUNG

Riza Marta Zorina, Erlina Rupaidah, Samsi Samsi

Abstract


The aim of this research is to know influence of work dicipline, facilities and performance of certificated teachers at SMK Economy public and private school Bandar Lampung in the academic year 2013/2014. The method of research uses descriptive verification approach by ex post facto and survey. The population consists of 127 teachers chosen by Nomogram Harry King formula in amount of 105 persons. The hypothesis testing 1, 2 and 3 use simple linear regression and hypothesis 4 uses multiple linear regression. The result of research showed: (1) There is influence of work dicipline towards certificated teachers’ performance, (2) There is influence of facility towards certificated teachers’ performance; (3) There is influence of compensation towards certificated teachers’ performance; (4) There is influence of work dicipline, facility and compensation toward performance of certificated teachers.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh disiplin kerja, sarana, dan kompensasi terhadap kinerja pada guru sertifikasi SMK Ekonomi Negeri dan Swasta Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi penelitian ini berjumlah 127 orang guru dengan jumlah sampel berdasarkan rumus Nomogram Harry King sebanyak 105 orang guru. Untuk menguji hipotesis 1,2 dan 3 menggunakan regresi linier sederhana dan hipotesis 4 dengan menggunakan regresi linier multiple. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pada guru sertifikasi; (2) Ada pengaruh sarana terhadap kinerja pada guru sertifikasi; (3) Ada pengaruh kompensasi terhadap kinerja pada guru sertifikasi; (4) Ada pengaruh disiplin kerja, sarana, dan kompensasi terhadap kinerja pada guru sertifikasi.

Kata kunci: disiplin kerja, kinerja, kompensasi, sarana


| Abstract views: 370 | PDF views: 148

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Bafadal, Ibrahim. 2003. Manajemen Perlengkapan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Barnawi,Moh Arifin. 2012. Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta : Ar-ruzz media

Daryanto,HM. 2008.Administrasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Dimyati,Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Hasibuan, Malayu. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Kunandar. 2009. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru Jakarta: Rajawali Pers

Rivai, Veitzal dkk. 2008. Performance Appraisal. Jakarta: Raja Grafindo

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wibowo.2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.