PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ICT, PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR MELALUI MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR

Tetty Purnama, Tedi Rusman, Nurdin Nurdin

Abstract


The aim of this research is to know influence of ICT media and learning facilities through learning motivation toward learning achievement of IPS Terpadu.The research method is descriptive verification.Analysis using linear regression with path analysis.The result of research showed:1.There is influence of ICT media toward learning motivation 2.There is influence of learning facilities toward learning motivation 3.There is correlatio of ICT media and learning facilities. 4.There is direct influence of ICT media toward achievement 5.There is direct influence of learning facilities toward achievement 6.There is influence of learning motivation toward achievement 7.There is influence of ICT media through learning motivation toward achievement 8.There is influence of learning facilities through learning motivation toward achievement 9.There is influence of ICT media,and of learning facilities toward learning motivation 10.There is influence of ICT media,learning facilities,learning motivation toward achievement.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media ICT dan pemanfaatan fasilitas belajar melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu.Metode penelitian adalah metode deskriptif verifikatif.Teknik analisis data menggunakan regresi linier dengan analisis jalur. Hasil analisis menunjukan:1.Ada pengaruh penggunaan media ICT terhadap motivasi belajar 2.Ada pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar 3.Ada hubungan antara penggunaan media ICT dan pemanfaatan Fasilitas Belajar 4.Ada pengaruh langsung penggunaan media ICT terhadap hasil belajar 5.Ada pengaruh langsung pemanfaatan fasilitas belajar terhadap hasil belajar 6.Ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar 7.Ada pengaruh penggunaan media ICT terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar 8.Ada pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar 9.Ada pengaruh penggunaan media ICT dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar 10.Ada pengaruh penggunaan media ICT,pemanfaatan fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar.

Kata kunci: hasil,motivasi,fasilitas,media ict.


| Abstract views: 206 | PDF views: 114

Full Text:

PDF

References


Arifin & Setiyawan.2012. Pengembangan Pembelajaran Aktif Dengan ICT. Yogyakarta: Skripta.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Bafadal, Ibrahim.2008. Manajemen Perlengkapan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri & Asswan zain. 2010. Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik,O. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.