PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PEMANFAATAN SARANA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU

Agtifah Sari, Raden Gunawan Sudarmanto, Yon Rizal

Abstract


The aim of this research is to know the influence of learning motivation and the utilization of facility in school on learning outcomes for Integrated Social Science. The population were 343 students and the sample obtained 185 students. Looking for the sample was using Slovin formula. The method in this research is descriptive verification with ex post facto and surveys approach. The sampling technique is probability sample by using simple random sampling. The first and second hypothesis was testing by using simple linear regression. The third hypothesis is using multiple linear regression. The analysis indicated that: (1) there is an effect of learning motivation toward learning outcomes for Integrated Social Science, (2) there is an effect of the utilization of facility in school toward learning outcomes for Integrated Social Science, (3) there is an effect of learning motivation and utilization of facility in school toward learning outcomes for Integrated Social Science.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Populasi penelitian sebanya 343 siswa dan sampel diperoleh 185 siswa. Pencarian sampel menggunakan rumus slovin. Metode penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Teknik pengambilan sampel adalah probability sample dengan menggunakan simple random sampling. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan regresi linier sederhana. Pengujian hipotesis ketiga menggunakan regresi linier multiple. Berdasarkan analisis data dinyatakan bahwa: (1) ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (2) ada pengaruh pemanfaatan sarana belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (3) ada pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu.

Kata kunci: hasil belajar, motivasi belajar, pemanfaatan sarana belajar.


Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta

A.M., Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Arsyad,Azhar. 2005. Media Pemblajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bafadal, Ibrahim. 2003. Manajemen Perlengkapan Sekolah : Teori dan Aplikasinya. Jakarta : Bumi Aksara. Diakses dari http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED-Undergraduate-27848-081277110010%20daftar%20pustaka.pdf. Tanggal 30 Maret 2014.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id/8036/2/Bibliography.pdf. Tanggal 30 Maret 2014.

Kurniyati, Vitta. 2010. Hubungan Antara Ketersediaan Sarana Belajar di Rumah, Pemanfaatan Media Belajar dan Konsep Diri Dengan Prestasi Ekonomi/Akuntansi Siswa Kelas XI IPS MAN Metro Lampung Timur Tahun Pelajaran 2009/2010. Universitas Lampung.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Kependidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Syarifudin. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Tari, Ria, Agus. 2008. Pengaruh Motivasi Belajar dan Sarana Belajar Di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Semester Ganjil SMA Surya Dharma 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2007/2008. Universitas Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.