PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL TS DAN SD DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL
Abstract
This study is conducted to compare the effectiveness of TS and SD learning models, and to investigate the role of prior knowledge of eighth grade students of SMP Negeri 10 Bandar Lampung in determining achievement. The method used in this study is an experimental method to comparative approach. The problem in this study is whether there is a difference achievement between TS and SD learning models with prior knowledge regarding to the results of the IPS achievement. The results of the research are: (1) there is a difference achievement between TS and SD learning models, (2) TS learning model is higher than SD seen from the high prior knowledge, (3) TS learning model is lower than SD model seen from the low prior knowledge, (4) there is an interaction between the model of learning with prior knowledge on IPS achievement.
Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan keefektivitasan antara model pembelajaran TS dan SD, serta untuk mengetahui peran kemampuan awal yang dimiliki siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Bandar Lampung dalam pencapaian hasil belajarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan antara model pembelajaran TS dan SD dengan memperhatikan kemampuan awal terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran TS dan SD, (2) model pembelajaran TS lebih tinggi daripada SD dilihat dari kemampuan awal tinggi, (3) model pembelajaran TS lebih rendah daripada SD dilihat dari kemampuan awal rendah, (4) ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap hasil belajar IPS Terpadu.
Kata kunci: kemampuan awal, sd, ts
Full Text:
PDFReferences
Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rusman, Tedi. 2013. Aplikasi Statistik Penelitian dengan SPSS Edisi Revisi. Bandar Lampung
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiono. 2010. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi. Surabaya: Blog History Education.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4645
Refbacks
- There are currently no refbacks.