PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL MM DAN TPS DENGAN MEMPERHATIKAN AQ
Abstract
This study was conducted to compare the effectiveness of the learning MM and TPS models, and to investigate the role of intelligence adversity of tenth grade students of SMP Miftahul Ulum in determining achievement. The method used in this research is an experimental research method with comparative approach. The results of the research is: (1) There are significant differences of IPS achievement in methods of MM and TPS. (2) There are differences IPS achievement of students who have low AQ (quitters) used MM and TPS model. (3) There are differences IPS achievement of students who have medium AQ (campers) used MM and TPS model. (4) There are difference IPS achievement of students who have high AQ (climbers) used MM and TPS model. (5) There is a significant interaction between learning models and AQ.
Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan keefektivitasan antara model pembelajaran MM dan TPS, serta untuk mengetahui peran kecerdasan adversitas yang dimiliki siswa kelas VIII SMP Miftahul Ulum dalam pencapaian hasil belajarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa melalui metode MM dan TPS. (2) Ada perbedaan hasil belajar IPS siswa yang memiliki AQ rendah (quitters) yang pembelajarannya menggunakan model MM dan TPS. (3) Ada perbedaan hasil belajar IPS siswa yang memiliki AQ sedang (campers) yang pembelajarannya menggunakan model MM dan TPS. (4) Ada perbedaan hasil belajar IPS siswa yang memiliki AQ tinggi (climbers) yang pembelajarannya menggunakan model MM dan TPS. (5) Ada Interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dengan AQ.
Kata kunci : aq, mm, tps
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, Syaiful Bahri, dan Zain Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rienika Cipta
Hamalik, Oemar. 2008. Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Stoltz, Paul G. 2004. Adversity Quotient. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4469
Refbacks
- There are currently no refbacks.