PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ST DAN MAM DENGAN MEMPERHATIKAN AQ
Abstract
This research aims to know the difference of learning outcomes and the effectiveness of cooperative learning models Snowball Throwing model and Make A Match model. This research was clasified as an experimental research with comparative approach. The results of research showed: (1)There is a difference in learning outcomes between students who are learning using Snowball Throwing model with Make A Match model. (2)The average in learning outcomes which is taught using Snowball Throwing learning model is lower than that is taught using the Make A Match model for students who have high Adversity Quotient (3)The average in learning outcomes which is taught using Snowball Throwing learning model is higher than that is taught using the Make A Match model for studenst who have low Adversity Quotient. (4)There is no interaction between model of learning and Adversity Quotient of students in learning outcomes.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan efektivitas model pembelajaran ST dan MAM. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1)Ada perbedaan rata-rata hasil belajar IPS Terpadu siswa antara yang diajar menggunakan model pembelajaran tipe Snowball Throwing dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran tipe Make a Match. 2)Hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran Make a Match bagi siswa yang memiliki kecerdasan adversitas tinggi. 3)Hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran make a Match bagi siswa yang memiliki kecerdasan adversitas rendah. 4)Tidak terdapat interaksi antar model pembelajaran dengan kecerdasan adversitas siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu.
Kata kunci : aq, hasil belajar, mam, st.
Full Text:
PDFReferences
A.M. Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta:
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Cianda, 2013. Model Pembelajaran Make A Match. Download at 12 Maret 2014 from(http://coretanpenacianda.wordpress.com/2013/02/10/model-pembelajaran-make-a-match/)
Cintha, Nurmala. 2012. Penerapan Model Snowball Throwing Dalam Pembelajaran Seni Tari Untuk Meningkatkan Apresiasi Siswa Kelas VII Di Smpn 1 Tirtamulya Kabupaten Karawang. Universitas Pendidikan Indonesia (http://cinthanoermala.blogspot.com/2012/12/penerapan-model-snowballthrowing-dalam.html, diakses tanggal 26 Januari 2014).
Djamarah, S. B dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Farhan,2011.Model Pembelajaran Koperatif Tipe Snowball Throwing. Download at 22 Maret 2014 From (http://www.farhan-bjm.web.id/2011/09/model-pembelajaran-kooperatif-tipe.html).
Fikih, 2012. Model Pembelajaran Snowball Throwing. Download at 25 Februari 2014 from (http://www.referensimakalah.com/2012/11/model-pembelajaran-snowball-throwing.html).
Hizbullah dan Ashari. 2013. Model Pembelajaran Snowball Throwing Download at 23 Maret 2014 From http://muhammadanshari9.blogspot.com/2013/10/model-pembelajaran-snowball-throwing.html).
Husni, Jumrida. 2013. Pendekatan Pembelajaran Koperatif Download at 23 Maret 2014 From http://jumridahusni.blogspot.com/2011/06/pendekatan-pembelajaran-kooperatif.html.
Isjoni, H. 2010. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antara Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Rajawali Pers.
Royani, Bahtiar. 2010. Hubungan Antara Kecerdasan Adversitas dan Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Ekonomi dengan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa. Lampung: Skripsi.
Stoltz, G Paul. 2000. Adversity Quotient (Mengubah Hambatan Menjadi Peluang). Jakarta: PT Grasindo.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang RI No. 20. 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung:Citra Umbara.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4434
Refbacks
- There are currently no refbacks.