PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT BACA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
This study aims to determine the effect of the use of the school library and reading interests on learning outcomes IPS Terpadu in class VIII students of SMP Negeri 1 Way Lima Academic Year 2013/2014. The method used descriptive verification with an ex post facto approach and surveys. Sampling is a simple random sampling using the formula of T. Yamane. In order to test hypothesis, it uses simple linear regression formula and multiple linear regression formula. Based on the analysis of the data, it obtained: (1) There is a positive and significant effect of the use of school libraries on learning outcomes IPS Terpadu; (2) There is a positive and significant effect of reading interests on learning outcomes IPS Terpadu; (3) There is a positive and significant effect of the use of the school library and reading interests on learning outcomes IPS Terpadu.
Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Way Lima Tahun Ajaran 2013-2014. Metode penelitian menggunakan deskriptitif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Teknik sampling simpel random sampling menggunakan rumus T. Yamane. Untuk menguji hipotesis, menggunakan rumus regresi linier sederhana dan rumus regresi linier multiple. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu; (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan minat baca terhadap hasil belajar IPS Terpadu; dan (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap hasil belajar IPS Terpadu.
Kata kunci: hasil belajar, minat baca, pemanfaatan perpustakaan sekolah.
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Dinasti, Aulia Triyan. 2012. Pengaruh Minat Baca Siswa dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Universitas Lampung.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta: 294 Hlm.
Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Parida, Heni. 2010. Pengaruh PemanfaatanPerpustakaan Sekolah dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010. Universitas Lampung.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ribowo, Yulfa. 2010. Hubungan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Minat Baca Siswa dan Iklim Sekolah dengan Prestasi Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Semester Genap di SMP Negeri 4 Pringsewu Tahun Ajaran 2009-2010. Skripsi. Universitas Lampung.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2004. Penilaian hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Syah, Muhibin. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rajawali Grafindo.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4322
Refbacks
- There are currently no refbacks.