PENGARUH PERSEPSI SISWA PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR, SIKAP SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR

Ana Rinjani, Yon Rizal, Nurdin Nurdin

Abstract


The aim of this research is to determine the student perception influence of study facilities usage at school and student attitudes on the subject of IPS Terpadu towards student learning outcome for IPS Terpadu. The method used in this research was verificative descriptive method with ex post facto approach. The number of population in this research was 188 students. Samples used in this research was 128 students. Data collection techniques used were obsevation, interview, documentation and questionnaire. Based on data analysis obtained research results show that: (1) there is student perception influence of IPS Terpadu usage at school towards student learning outcome for IPS Terpadu. (2) there is influence of student attitudes on the subject of IPS Terpadu towards student learning outcome for IPS Terpadu. (3) there is influence of student perception about study facilities usage at school and student attitudes on the subject of IPS Terpadu towards student learning outcome for IPS Terpadu.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan sikap siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Metode yang digunakan dalam  penelitian ini adalah  metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 188 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah128 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket (kuisioner). Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh persepsi siswa tentang pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu. (2) Ada pengaruh sikap siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu terhadap hasil belajar IPS Terpadu. (3) Ada pengaruh persepsi siswa tentang pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan sikap siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu terhadap hasil belajar IPS Terpadu.

Kata Kunci: hasil belajar, fasilitas, sikap siswa


Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Bafadal, Ibrahim. 2003. Manajemen Perlengkapan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Darmadi, Hamid. 2010. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta

Dimiyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. 2008. Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahridan Drs. Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Kurniawan, Yuli.2012. Pengaruh Cara Belajar Siswa, Sikap Siswa Pada Pelajaran Akuntansi dan Disiplin Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Semester Ganjil SMA Negeri 1 Pringsewu Tahun Pelajaran 2011/2012. Lampung: Universitas Lampung.

Nawawi, H. Hadari. 2003. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rusman, Teddy. 2011. Aplikasi Statistik Penelitian Dengan SPSS. Bandar Lampung.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanti, Nelda. 2012. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Pemanfaatan Fasilitas Belajar Di Sekolah Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas IX Semester Ganjil SMP Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Lampung: Universitas Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.