PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN CARA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU
Abstract
The aim of this research is to find out the effect of learning motivation and learning way toward learning outcomes of Integrated Social Science. Method of research uses descriptive verification. Technique analysis data uses Simple Linear Regression and Multiple Linear Regression. The results of research showed: (1) there is positive and significant effect of learning motivation toward learning outcomes in Integrated Social Science with total 26,3%; (2) there is positive and significant effect of learning way toward learning outcomes in Integrated Social Science with total 24,3%; (3) there is positive and significant effect of learning motivation and a learning way toward learning outcomes in Integrated Social Science with total 46,9%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan cara belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif verifikatif. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier multipel. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu pada siswa sebesar 26,3%; (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan cara belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa sebesar 24,3%; (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar dan cara belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu pada siswa sebesar 46,9%.
Kata kunci: cara belajar, hasil belajar, motivasi.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi.2009.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Drs. Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah , Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hakim, Thursan. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nawawi, H. Hadari. 2003. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Rusman, Teddy. 2011. Aplikasi Statistik Penelitian Dengan SPSS. Bandar Lampung.
Sardiman, 2004. Interaksi Dan Proses Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Sardiman. 2005. Interaksi Belajar dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sardiman .2008. Interaksi dan Motivasi Balajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada:Jakarta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4137
Refbacks
- There are currently no refbacks.