PENGARUH MOTIVASI DAN KETERSEDIAAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
The method uses descriptive verification with survey approach. The first and second hypothesis Testing use Simple Linear Regression, while the third hypothesis uses Multiple Linear Regression. The results of research showed: 1. There is influence of students motivation towards learning outcomes IPS Terpadu at second semester students class VIII of SMP Negeri 19 Bandar Lampung Academic Year 2012/2013, 2. There is influence student learning facility on learning outcomes IPS Terpadu at second semester students class VIII of SMP Negeri 19 Bandar Lampung Academic Year 2012/2013, 3. There is influence of students motivations and facilities to the students learning outcomes IPS Terpadu at second semester students class VIII of SMP Negeri 19 Bandar Lampung Academic Year 2012/2013
Metode penelitian menggunakan deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan Regresi Linier Sederhana, sedangkan hipotesis ketiga menggunakan Regresi LinierMultiple. Hasil penelitian menunjukan : 1. ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013 SMP Negeri 19 Bandar Lampung, 2. ada pengaruh ketersediaan fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VIII semester ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013 SMP Negeri 19 Bandar Lampung, 3. ada pengaruh motivasi belajar siswa dan ketersediaan fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013.
Kata Kunci: fasilitas, hasil belajar, motivasi belajar
Full Text:
PDFReferences
A.M, Sardiman. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.
Adi Suroso, 2009. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Belajar Di Sekolah, Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Semester Ganjil SMA N I Semendawi Suku III Oku Timur Tahun Pelajaran 2008/2009
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta.
B. Suryosubroto, Drs. 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta. Rineka Cipta.
Bafadal, Ibrahim. 2003. Fasilitas Belajar. (online) http://www.damandiri.or.id/file/ prantiyaunmuhsolobab2. Diakses Tanggal 03 Juli 2012.
Depdikbud. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Penerbit Balai Pustaka.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Hakim, Thursan. 2005. Belajar Secara efektif. Puspa Swara. Jakarta
Mudjiono, Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.
PP Nomor 19. 2005. Perhimpunan Peraturan Perundangan Standar Nasional Pendidikan. Fokusmedia. Bandung.
Purwanto, Djoko 2006. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta
Sugiyono . 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatf, dan R&D.. Bandung: Alfabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F3874
Refbacks
- There are currently no refbacks.