PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN NHT DAN GI DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI
Abstract
This research aims to know difference of learning outcomes between students of grade VIII SMPN 3 Natar who are learned using NHT model with GI model. This research was clasified as an experimental research with comparative approach. Population in this research is 188 students and samples 76 students (2classes) were taken by using cluster random sampling. The results of research showed: (1) There is difference in learning outcomes between students who are learning using NHT model with GI model. (2) The average in learning outcomes is taught using a model of learning NHT model is higher than that taught using the GI model for students who have low achievement motivation. (3) The average in learning outcomes is taught using a model of learning NHT model is lower than that taught using the GI model for studenst who have high achievement motivation. (4) There is interaction between model of learning and achievement motivation of students in learning outcomes.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa kelas VIII SMPN 3 Natar yang diajarkan menggunakan model NHT dan GI. Populasi dalam penelitian ini adalah 188 siswa dan sampel 76 siswa (2kelas) diambil dengan menggunakan cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model NHT dengan model GI. (2) Rata-rata hasil belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT lebih tinggi dibandingkan yang diajar dengan model pembelajaran GI bagi siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah. (3) Rata-rata hasil belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT lebih rendah dibandingkan yang diajar dengan model pembelajaran GI bagi siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi. (4) Ada interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar.
Kata kunci: gi, hasil belajar, motivasi berprestasi, nht
Full Text:
PDFReferences
A.M. Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta:Rajawali Pers
Anita Lie. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo
Anita Lie. 2004. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo
Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah, S. B dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Ellysa. 2012. Studi Perbandingan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Number Heads Together (NHT) dengan Memperhatikan Kemampuan Awal (Studi Pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 14 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012). Unila
Miftahul Huda. 2011. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Yeni Pamungkas. 2012. Studi Perbandingan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment (STAD) dan Problem Based Instruction (PBI) dengan Memperhatikan Motivasi Berprestasi (Studi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012). Unila
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F3848
Refbacks
- There are currently no refbacks.