PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN TAI DAN GI DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA
Abstract
This research aims to know difference of learning outcomes between students of grade XI IPS SMA Negeri 1 Sumberjaya who are learned using TAI and GI. Method of research uses experiment method. Technique of collecting data uses observation, test, and documentation. Technique analysis data uses two ways Anova and effectiveness formula. The results of research showed: (1) There is no difference in learning outcomes between students who are learned using TAI with GI. (2) There is difference in learning outcomes between students who have high, medium, low initial capability. (3) There is difference in learning outcomes inter-models and students’ inter-initial capability who are learned using TAI and GI. (4) There is no interaction between TAI with GI and between students who have high, medium, and low initial capability toward learning outcomes. (5) There is difference of effectivity between TAI with GI.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sumberjaya yang dibelajarkan menggunakan TAI dan GI. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Anava dua jalan dan rumus efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tidak ada perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan TAI dengan GI. (2) Ada perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang, rendah. (3) Ada perbedaan hasil belajar ekonomi antarmodel dan antarkemampuan awal siswa yang diajar menggunakan TAI dan GI. (4) Tidak ada interaksi antara TAI dengan GI dan antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah terhadap hasil belajar ekonomi. (5) Ada perbedaan efektivitas antara TAI dengan GI.
Kata kunci: gi, hasil belajar, kemampuan awal, tai
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta
Baharudin. 2010. Pendidikan & Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
Djamarah, S. B dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Ghufron & Risnawita S, Rini. 2010. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press
Karli, Hilda, dan Margareth Sri Yuliariatiningsih. 2002. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Model-Model Pembelajaran. Bandung: Bina Media Informasi
Krismanto, Al. 2003. Beberapa Teknik, Model dan Strategi Dalam Pembelajaran Matematika (Online), http://www.p3matyo.go.id/download/_modepembelajaran.pdf, diunduh tanggal 28 Desember 2013).
Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo
Mafune, P. 2005. Teaching and Learning Models, A Reflection The Work of Bruce Joyce, Bev Showes (Online), http://haqar.up.ac.za./catts/learing/copplm/b3a.html, diakses Oktober 2013.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi Kedua. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Widdiharto, R. 2006. Model-Model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: PPPG Matematika
Widyantini. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kooperatif. Yogyakarta: Depdiknas
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F3827
Refbacks
- There are currently no refbacks.