PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Rika Melia Sari, Yon Rizal, Nurdin Nurdin

Abstract


This study have a purpose to know :1) are there differences average result learning outcomes using the Integrated Social learning models of Jigsaw with STAD. 2) are the average results of Integrated Social learning using learning models Jigsaw more higher than STAD. This study used an experimental method with a comparative approach. Means of collecting data in the form of a multiple choice test of 40 questions to 54 students . The results showed : a) there is a difference in average learning outcomes using the Integrated Social learning models of Jigsaw with STAD. Based on the analysis of data obtained significant 2.09 > 1.67. b) the average results of Integrated Social learning using learning models Jigsaw more higher than STAD. Based on the comparison of the average of each items on the experimental class and the control is 78,70 > 74,33.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah ada perbedaan rata-rata hasil belajar IPS Terpadu menggunakan tipe Jigsaw dengan tipe STAD. 2) apakah rata-rata hasil belajar IPS Terpadu menggunakan tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan tipe STAD. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan komparatif. Alat pengumpul data berupa tes pilihan ganda sebanyak 40 soal kepada 54 siswa. Hasil penelitian menunjukkan; a) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar IPS Terpadu menggunakan tipe Jigsaw dengan tipe STAD. Berdasarkan analisis data diperoleh signifikan 2,09 > 1,67. b) rata-rata hasil belajar IPS Terpadu menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan tipe STAD. Berdasarkan perbandingan rata-rata tiap butir soal pada kelas eksperimen dan kontrol yaitu 78,70 > 74,33.

 

Kata kunci : hasil belajar, jigsaw, stad.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Bern dan Erickson. 2001. Contextual Teaching and Learning (http://dedi26.blogspot.com/2013/05/pengertian-pembelajaran kooperatif.html, diakses pada pukul 20.30 WIB tanggal 07 mei 2013).

Depdiknas. 2003. Pembelajaran Kooperatif. (http://dedi26.blogspot.com/2013/05/pengertian-pembelajaran-kooperatif.html, diakses pada pukul 20.15 WIB tanggal 10 Mei 2013).

Djamarah, S. B dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Fitriani. 2012. Perbandingan Penggunaan Model STAD dan Jigsaw Terhadap Aktivitas Belajar Dan Penguasaan Materi. (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/2795, diakses pada pukul 22.55 WIB Tanggal 07 desember 2013).

Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka

Supartin. 2011. Studi Perbandingan Implementasi Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dan Tipe STAD di SMP Negeri 6 Gorontalo.(http://ejurnal.fip.ung.ac.id/index.php/PDG/article/viewFile/308/301, diakses pada pukul 21.43 WIB tanggal 07 desember 2013).




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F3805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.