KOMPARATIF HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL SDM DAN GI DENGAN MEMPERHATIKAN AQ SISWA

Rosinta Hotmaida P. Purba, Eddy Purnomo, Nurdin Nurdin

Abstract


This is quasi experimental research that aims to know the difference of learning strategy considered by student’s Adversity Quotien (AQ)t.  Population  in this research  was eigthth grade students in Junior High School State 1 Sukau, West Lampung in academic year 2013/2014.  The sample were VII B and VII C class choosen by using cluster random sampling technique.  This research uses post test only control group design.  The data of this research were obtained  through  student’s AQ test.  Based on the result of hypothesis test, it is concluded that student’s evaluation values with ccoperative learning SDM srategy higher than GI, evaluation values by SDM  strategy is higher than GI strategy considered by student’s high Adversity Quotient, evaluation values by SDM  strategy is higher than GI strategy considered by student’s lower Adversity Quotient and there is no interactions evaluations values between learning model and student’s AQ.

Penelitian eksperimen semu yang bertujuan mengetahui efektivitas model pembelajaran dengan memperhatikan Adversity Quotient (AQ) siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukau, Lampung Barat Tahun Pelajaran 2013-2014 dengan sampel penelitian siswa kelas VIII B dan VIII C. Ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Data kuantitatif yang diperoleh melalui tes hasil belajar siswa berupa soal-soal yang berbentuk pilihan berganda. Angket juga disebar untuk mengklasifikasikan AQ siswa. Dari penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SDM lebih tinggi dibandingkan tipe GI, hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran SDM lebih tinggi dibandingkan model GI apabila AQ siswa tinggi, hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran SDM lebih tinggi dibandingkan model GI apabila AQ siswa rendah, dan tidak ada interaksi hasil belajar antara model pembelajaran dengan tingkat Adversity Quotient (AQ) siswa.

Kata kunci: AQ, GI, hasil belajar, SDM


| Abstract views: 149 | PDF views: 113

Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri Drs. Dan Zain Aswan Drs. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. 2005. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Indeks.

Stoltz, Paul G. 2000. Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta : PT. Gramedia.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F3787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.