PEMANFAATAN SARANA PRASARANA BELAJAR SEKOLAH DAN AKTIVITAS PRAMUKA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI

Johan Ferdiansyah, Yon Rizal, Nurdin Nurdin

Abstract


This study aims to determine whether there is influence school learning infrastructure and scout activity class XI IPS SMAN 1 Pagelaran semester of the school year 2012/2013. The population in this study all students of class XI Social SMAN 1 Pagelaran amounted to 99 students with a sample of 99 students. The method used in this research is descriptive method of verification with ex post facto approach and surveys. Data were collected through questionnaires, processed by computer through SPSS version 16. The first and second hypothesis testing using simple linear regression, while the third hypothesis using multiple linear regression. Based on the data analysis we concluded the influence of school infrastructure and learning activities of students on learning outcomes scout Economy Class XI students of SMAN 1 IPS Pagelaran Semester Academic Year 2012/2013.

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah ada pengaruh sarana prasarana belajar sekolah dan aktivitas pramuka siswa kelas XI IPS semester ganjil SMAN 1 Pagelaran tahun pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Pagelaran berjumlah 99 siswa dengan sampel 99 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Data yang terkumpul melalui angket, diolah dengan computer melalui program SPSS versi 16. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan regresi linear sederhana, sedangkan hipotesis ketiga menggunakan regresi linear multiple. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan adanya pengaruh sarana prasarana belajar sekolah dan aktivitas pramuka siswa terhadap hasil belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS Semester Ganjil SMAN 1 Pagelaran Tahun Pelajaran 2012/2013.

Kata kunci: hasil belajar, pramuka, sarana prasarana


Full Text:

PDF

References


Bafadal, Ibrahim. 2003. Manajemen Perlengkapan ekolah Teori Dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara

Hadi, Yusuf. 1984. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana

Hamalik. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung:Sinar Baru Algensindo

Kwarnas. AD/ART. 2009. Gerakan Pramuka

Lutan, Rusli. 2001.Buku Materi Pokok Pengelolaan Interaksi Belajar Mengajar Intrakurikuler, Kokurikuler,dan Ekstrakurikuler. Jakarta: Depdikbud.

Moedjijiarto. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Muamanah, Siti. 2002. Lingkup Ekstrakurikuler. Bandung: Alfabeta

Muktiono. 2003. Menumbuhkan Minat Baca. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Ramadhan, Aulia. 2010. Hubungan Antara Intensitas Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dan PMR Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gunung Labuhan Way Kanan Dengan Prestasi Belajar IPS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2009/2010. Bandar Lampung, Skripsi Universitas Lampung

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekataan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suroso, Adi. 2009. Pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas belajar di sekolah, motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X semester ganjil SMA Negeri 1 Semendawai Suku III Oku Timur Tahun Pelajaran 2008/2009. Bandar Lampung, Skripsi Universitas Lampung.

Suryabrata. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F3721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.