PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL SAVI DAN MODEL LC5E DENGAN MEMPERHATIKAN AQ
Abstract
This study was conducted to compare the effectiveness of the SAVI model and 5E Learning Cycle model, and to investigate the role of adversity quotient of the students in class XI IPS SMA Negeri 1 Kotagajah in accounting learning outcomes. The research method used quasi experimental design with the comparative approach. Sampling was done by cluster random sampling technique Calculated based on data analysis using statistical formulas obtained results: 1) There are differences in accounting learning outcomes between students that using SAVI model and LC5E model. 2) The results of studying accounting that using SAVI model is lower than that using LC5E model for students of quitter. 3) The results of the learning study accounting that using SAVI model is higher than that using LC5E model for students of climber. 4) There is no interaction between the model of learning with adversity quotient of the students in accounting subjects.
Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan keefektivitasan model SAVI dengan model Learning Cycle 5E, serta untuk mengetahui peran kecerdasan adversitas yang dimiliki siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kotagajah dalam menetukan hasil belajar akuntansinya. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan analisis data yang diperhitungkan menggunakan rumus statistik diperoleh hasil penelitian: 1) Ada perbedaan hasil belajar akuntansi antara siswa yang menggunakan model pembelajaran SAVI dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran LC5E. 2) Hasil belajar akuntansi yang pembelajarnnya menggunakan model pembelajaran SAVI lebih rendah dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran LC5E bagi siswa quitter. 3) Hasil belajar akuntansi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran SAVI lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran LC5E bagi siswa yang climber. 4) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan adversitas siswa pada mata pelajaran akuntansi.
Kata kunci: AQ, hasil belajar, LC5E, SAVI
Full Text:
PDFReferences
Hamalik.Oemar.2008.Proses Belajar Mengajar.Jakarta:Bumi Aksara.
Meier, Dave. 2005. The Accelerated Learning Handbooks: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. Diterjemahkan oleh Rahmani Astuti. Bandung: Kaifa.
Renner, J.W., Abraham M.R.,Birnie, H.H. 1998. The Necessity of Each Phase of The Learning Cycle ini Teaching High School Physics. J. of Research in Science Teaching. Vol 25 (1), pp 39-58.
Rusman .2012.Model-Model pembelajaran ( Mengembangkan Profesionalisme Guru).Jakarta:Raja Grafindo.
Slameto.2003.Belajar dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.
Stoltz, Paul G.2007.Adversity Quotient.Jakarta:PT Grasindo
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F3134
Refbacks
- There are currently no refbacks.