PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI
Abstract
This research aims to know factors influencing learning result of economic student of class X SMA Bina Mulya Bandar Lampung. Population in this research is 66 students, and sampel 56 students done with Simple Random Sampling using Cochran formula. This research used method descriptive research of verifikatif with approach of ex post facto and survey. Technique of data collecting is observation, interview, questionnaire and documentation. Data analysis technique is simple linear regression analysis and multiple linear regression. Based on the data analysis conclusion is: ( 1). There is social environment influence towards learning result of economic student of class X SMA Bina Mulya Bandar Lampung. ( 2). There is discipline of lerning influence towards learning result economic student of class X SMA Bina Mulya Bandar Lampung. ( 3). There is social environment influence and the discipline of learning towards learning result economic student of class X SMA Bina Mulya Bandar Lampung.
Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor yang mempengaruhi hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Bina Mulya Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 66 siswa, dan sampelnya 56 siswa dilakukan dengan Simple Random Sampling menggunakan rumus Cochran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis regresi linier sederhana dan regresi linier multiple. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan: (1) Ada pengaruh lingkungan sosial terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Bina Mulya Bandar Lampung. (2) Ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Bina Mulya Bandar Lampung. (3) Ada pengaruh lingkungan sosial dan disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Bina Mulya Bandar Lampung.
Kata kunci: disiplin belajar, hasil belajar, lingkungan sosial.Full Text:
PDFReferences
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.
Purwanto, Ngalim. 2007. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Remaja Rosdakarya. Bandung
Sardiman, AM. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Grafindo Persada. Jakarta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya. Bandung
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Grasindo. Jakarta
Walgito, Bimo. 2008. Psikologi Kelompok. Andi Publiser. Jakarta
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F2762
Refbacks
- There are currently no refbacks.