PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR

Anggi Yunita Triyani, R. Gunawan Sudarmanto, Nurdin Nurdin

Abstract


This research aims to determine the factors that affect the economic learning outcomes of class XI IPS SMA Negeri 1 Sragi bounded on independent variable of student’s perception about the ability of teacher to teach and motivation to learn. Research method used descriptive verifikatif using ex post facto and survey approach. Sampling technique is probability sampling with proportionate random sampling and calculated using Cochran formula. Hypothesis testing using simple linear regression analysis and multiple. Obyek of research is the class XI IPS with a population of 70 students and a sampel of 56 students. Calculated based on data analysis using statistical formula obtained: ( 1). There is influence student’s perception about the ability of teacher to teach towards learning outcomes of economic.( 2). There is influence learning motivation towards learning outcomes of economic.( 3). There is influence student’s perception about the ability of teacher to teach and learning motivation towards learning outcomes of economic.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA  Negeri 1 Sragi yang dibatasi pada variabel bebas persepsi siswa tentang kemampan mengajar guru dan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Teknik sampling adalah probability sampling dengan proportionate random sampling dan dihitung menggunakan rumus Cochran. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan multiple. Obyek dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPS dengan populasi sebesar 70 siswa dan sampel 56 siswa. Berdasarkan analisis data yang dihitung mengunakan rumus stasistik diperoleh: (1). Ada pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru terhadap hasil belajar ekonomi (2). Ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi (3). Ada pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi.

Kata kunci: hasil belajar, kemampuan mengajar, motivasi


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Darsono, Max. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukaif. Gramedia. Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2002. Proses Belajar Mengajar.. Bumi Aksara. Jakarta.

Idris, Jalaludin. 2005. Analisis Kritis Mutu Pendidikan. Suluh Press. Yogyakarta

Kunandar. 2007. Guru profesionl. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. PT. raja Grafindo Persada. Jakarta.

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Delia press. Jakarta.

Purwanto, M.Ngalim, MP. 2002 . Psikologi Pendidikan. Remaja Rosda Karya. Bandung.

Salim, Ridwan. A. 2004. Tindak Pidana Pendidikan Suaatu Tinjauan Filosofis Edukatif. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sudrajat, Ahmad. Teori-teori motivasi. 6 February 2008. 29 Juni 2012 http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/02/06/teori-teori-motivasi/.

Yustika, Ririn. 2009. Hubungan Anatara Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Mengajar Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar IPS Ekonomi Siswa Kelas XI Penjualan Semester Ganjil Di SMK Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2008/2009. Universitas Lampung. Bandar Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F2563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.