PENGARUH SERTIFIKASI, MOTIVASI, DAN PENGAWASAN TERHADAP KINERJA PADA GURU SMP NEGERI

Putri Mandasari, Yon Rizal, Samsi Samsi

Abstract


This research aims to determine the factors that affect the performance of the Junior High School teacher Enggal District and Eastern District of Tanjung Karang Bandar Lampung are limited to the certification of the independent variables, motivation, and supervision. The method used is the Ex Post Facto and survey with descriptive research design verification. The sampling technique is probability sampling with proportionate stratified random sampling method and calculated using the Slovin’s formula. Hypothesis testing used simple linear regression analysis unit and multiple. The object of this research is the teachers who have been certified within a population amount of 109 teachers and 84 samples of the population. Based on the analysis of data obtained stasistik calculated using the formula: (1). There’s the influence on performance of teacher certification. (2). There’s the influence of motivation on teacher performance. (3). There’s the influence on performance of teacher supervision. (4). There’s a certification influence, motivation, and supervision of teacher performance.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kinerja pada guru SMP Negeri Kecamatan Enggal dan Kecamatan Tanjung Karang Timur Bandar Lampung yang dibatasi pada variabel bebas sertifikasi, motivasi, dan pengawasan. Metode yang digunakan adalah Ex Post Facto dan Survey dengan desain penelitian deskriptif verifikatif. Teknik sampling adalah probability sampling dengan proportionate stratified random sampling dan dihitung menggunakan rumus slovin. Pengujian hipotesis menggunakan unit analisis regresi linier sederhana dan multiple. Obyek dalam penelitian adalah guru yang telah bersertifikasi dengan populasi sebesar 109 guru dan sampel 84 guru. Berdasarkan analisis data yang dihitung menggunakan rumus stasistik diperoleh: (1). Ada pengaruh sertifikasi terhadap kinerja guru. (2). Ada pengaruh motivasi terhadap kinerja guru. (3). Ada pengaruh pengawasan terhadap kinerja guru. (4). Ada pengaruh sertifikasi, motivasi, dan pengawasan terhadap kinerja guru.


kata kunci: kinerja, motivasi, pengawasan, sertifikasi


Full Text:

PDF

References


Atmodiwirio, Soebagio. 2000. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT Ardadizya Jaya.

Pidarta, Made. 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Rivai, Veithzal. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusisa untuk Perusahaan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

S.P. Hasibuan, Malayu. 2007. Organisasi Dan Motivasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sudiyono. 2004. Manajemen Pendidikan Tinggi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Wahyudi, Imam. 2012. Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wibowo. 2008. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F2419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.