STUDI PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM SOLVING DENGAN MEMPERHATIKAN TES

Angga Praditya, Eddy Purnomo, Yon Rizal

Abstract


Results of further observations known that there are many teachers who have not applied learning method that can explore and develop an active student involvement in the learning process. Teaching and learning process is centered on the teacher where delivery of content more dominated by the teacher. Teachers active control, while the students act passively so that the learning process is less involved role of students both physically and mentally. Learning process listed above make the most of students are less enthusiastic about learning. This condition is indicated by the number of students who ask fewer, less daring to express their opinions, and feel quite accept material that has been presented by the teacher. In addition, there are many teachers who use the direct method, ie the teacher explained, students pay attention, and noted that the subject matter, resulting in a lack ofactivity in the learning process.


Hasil observasi lebih lanjut diketahui bahwa masih banyak guru yang belum menerapkan metode pembelajaran yang dapat menggali serta mengembangkan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar masih berpusat pada guru di mana penyampaian materi lebih banyak didominasi oleh guru. Guru memegang kendali aktif, sementara siswa bersikap pasif sehingga proses pembelajaran kurang melibatkan peran siswa baik secara fisik maupun mental. Proses pembelajaran demikian membuat sebagian besar siswa kurang bersemangat dalam belajar. Kondisi ini ditunjukkan dengan jumlah siswa yang bertanya sedikit, kurang berani untuk mengungkapkan pendapat, dan merasa cukup menerima materi yang telah disampaikan oleh guru. Selain itu, masih banyak guru yang menggunakan metode langsung, yaitu guru menjelaskan, siswa memperhatikan, dan mencatat materi pelajaran sehingga, mengakibatkan kurangnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.


Kata kunci: gi, motode pembelajaran, problem solving


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2007. Pengelolaan Kelas dan Siswa Pendekatan Praktek. Rineka Cipta : Jakarta

Mahfud. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta. 307 hlmn

Sudjana. 2006. Metode Statistik. Tarsito. Bandung.

Sugiyono.2008. Metode Penelitian Pendidikan. Alfa Beta. Bandung. 456 hlmn

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Udin S, Winaputra.2001. Metode Penelitian Group Investigation. Alfa Beta. Bandung. 456 hlmn




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F2351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.