TIPE TPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SDN 2 TAMAN CARI KECAMATAN PURBOLINGGO
Abstract
Suatu proses yang mengandung kegiatan antara guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Ukuran berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar dilihat dari aktivitas dan hasil belajar setelah mengikuti model pembelajaran yang digunakan guru. Sehingga apakah pembelajaran model cooperative tipe TPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis kuantitatif untuk mengetahui hasil belajar dengan rumus rata-rata dan analisis kualitatif sebagai pendukung kegiatan belajar siswa dengan rumus persentase. Hasil pada siklus I aktivitas siswa mencapai ketuntasan 55%,pada siklus II mencapai 78,74%. Siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 23,74%. Pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 60%, pada siklus II mencapai 75%. Siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 15%.
A process that contains activities between teachers and students on the basis of reciprocalrelationships to achieve learning goals. The measure of success or not of the teaching and learning process is seen from the activities and learning outcomes after following the learning model used by the teacher. So that learning cooperative model type TPS can increase the activity and learning outcomes of IPA. Data analysis techniques by using quantitative analysis to find out learning outcomes with average formulas and qualitative analysis as supporters of student learning activities with percentage formulas.the results in cycle I of student activity reached a completion of 55%, in cycle II reached 78.74%. Cycle I and cycle II increased by 23.74%. In cycle I student learning outcomes reached 60%, in cycle II reached 75%. Cycle I and cycle II increased by 15%.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman Fathoni, Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.
Amirul Hadi, metopen untuk IAIN dan PRAIS semua fakultas dan jurusan komponen MKK, Bandung : Pustaka Setia, 1998.
Buhari Alma, Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Belajar, Jakarta: PT. Alfabeta, 2009.
Dimyati, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : PT. Reneka Cipta, 2004.
Edi Kusnadi, Metodologi Penelitian, Metro : STAIN Metro, 2008.
Harahap, Teknik Penilaian Hasil Belajar, Jakarta : PT. Bulan Bintang, 1985.
http: //arrifaholi.blokspot.com, fadholi Arif, kelebihan kelemahan TPS, (4 mei 2012)
http: //lerning-with-me.blogspot.com/2006/09/pembelajaran TPS, (4 MEI 2012)
Ign. Masidjo, Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah, Yogyakarta : Kanisius, 2007.
Isjoni, Cooperative Learning, Bandung : PT. Alfabeta, 2009.
M. Iqbal Hasan , Analisis Data Penelitian dengan Statistik, Jakarta : Bumi Aksara, 2006.
―――, Pokok-Pokok Materi Statistik, Jakarta : Bumi Aksara, 2003.
Nanang Hanafiah dan Cucu S, Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung : Rafika Adhitama, 2009
Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, : PT. Bumi Aksara, 2005.
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1986.
Suharsimi Arikunto, Penelitian Tindakan Kelas,Jakarta : Rineka Cipta, 2007.
Sumadi Suryabrata, Metodologi Penelitian, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2008.
Suwarjo, Pembelajaran Kooperatif, Malang : PT. Surya Pena Gemilang, 2008.
Triyanto, Model-Model Pembelajaran Inovatif, Jakarta : PT. Prestasi Pustaka, 2000.
Winkel WS, Interaksi Belajar Mengajar, Jakarta : PT. Gramedia, 1984.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F23275
Refbacks
- There are currently no refbacks.