UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING)

Yuniati Yuniati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui metode bermain peran (role playing). Metode penelitian menggunakan model penelitin tindak kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah model yang dibebankan oleh Ellot Aronson dan Robert E. Salvin model penelitian ini direncanakan terbagi menjadi 2 siklus. Hasil penelitian ini bahwa model pembelajaran kooperatif tipe bermain peran (role playing)  pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Metro dapat meningkatkan aktivitas belajar Siswa pada setiap siklusnya. pada siklus I sebesar 59.67%, siklus II sebesar 74.18% dan siklus III sebesar 87.09%. Pembelajaran kooperatif tipe bermain peran (role playing) pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Metro dapat meningkatkan hasil belajar Siswa. Persentase ketuntasan kelas dan nilai rata-rata kelas pada siklus I menunjukan persentase ketuntasan sebesar 51.61% pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan sebesar 70.96%  dan pada siklus III mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan sebesar 90.32%.

Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, bermain peran

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Abdillah and Rifai, Muhammad and Usiono, Usiono and Siregar, Erlina and Khodijah, Khodijah and Wardani, Wardani (2020) Turnitin Madrasah Head Management In Creating Teacher Professionality In Madrasah Aliyah Negeri In Indonesia. Palarch’s Journal Of Archaeology Of Egypt/Egyptology.

Burhanudin. 2007. Upaya Peningkatan hasil Belajar melalui metode Think Pair Share dalam mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri Pringsewu Tahun Pelajaran 2007/2008. Skripsi FKIP Universitas Lampung.

Dimyati, Mudjiono.2006. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Rineka cipta. Jakarta

Firdaus, Joni. 2008. Kajian Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2007/2008. Skripsi Universitas Lampung.

Fitrianti, Merlinda. 2008. Pemanfaatan Media Praktik Akuntansi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 5 Bandarlampung. Skripsi Universitas Lampung.

Hatiani, Neli. 2010. Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas X.1 SMA Persada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi Uniersitas Lampung.

Lie, Anita. 2007. Cooperative Learning. Mempraktikan Learning di ruang-ruang kelas. Gramedia. Jakarta

Nasution, Sarimuda. 2005. Berbagai pendekatan dalam proses belajar dan mengajar. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Rineka Cipta. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F21751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.