ANALYSIS KESALAHAN MERUBAH KALIMAT AKTIF KE KALIMAT PASIF BAHASA INGGRIS BENTUK LAMPAU

Eka Yuniasih

Abstract


Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran yang ada di tingkat SMP, salah satu materi yang diajarkan adalah mengenai kalimat aktif dan pasif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Purbolinggo dalam merubah kalimat aktif  ke kalimat pasif dan kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh siswa dalam merubah kalimat aktif  ke kalimat pasif dalam bentuk kalimat lampau. Sumber data dalam penelitian ini adalah 10 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Purbolinggo yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode analisis deskriptif untuk menganalisis kesalahan siswa dan mendeskripsikan datanya. Data diambil dari dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 20 kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menggunakan kalimat pasif pada simple past tense dari yang tertinggi hingga yang terendah antara lain adalah misformation yang terdiri dari 11 kesalahan atau 55%, misordering 6 kesalahan atau 30%, omission 2 kesalahan atau 10%, dan addition dengan 1 kesalahan atau 0,5%. Adapun kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah misformation dengan tingkat kesalahan 55%.

 

Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Kalimat Aktif, Kalimat Pasif, Simple Past Tense

Full Text:

PDF

References


Day, Trevor. Success In Academic Writing. United Kingdom: Palgave Macmillan, 2013.

Herring, Petter. Complete English Grammar Rules. Parlex International, 2016.

Krista Uibu and Merili Liiver, “Students’ Grammar Mistakes and Effective Teaching Strategies”, International Journal of Teaching and Education 3, No.1(2015): 71.

Mingyao Chen and Qiongxia Ye, “A Corpus-Based Study On Original English Abstract and Translated English Abstract: A Case Study of Passive Voice and Pronouns”, International Journal of English Linguistics 4, No.6(2014): 53.

Patricia Leavy, Research Design: Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches (New York: The Guilford Press, 2017), 9.

Sinampo, Holler. “An Error Analysis In Changing Active Voice Into Passive Voice of Simple Past Tense”. Journal of IdeBahasa 1,No.1 (2019): 31-39.

Wittaningsih, Aprillia. ”English Passive Voice: An X-Bar Theory Analysis”. Indonesian Journal of English Language Studies 4, No.2 (2018): 69-75.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F21715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.