IMPLEMENTASI E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATA KULIAH BAHASA INGGRIS DI MASA PANDEMIC COVID 19 PADA FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN IAIN METRO
Abstract
Masa pandemic covid-19 telah memunculkan aturan baru dalam dunia pendidikan, yakni bergantinya proses belajar dari luring menjadi daring.oleh karena itu perlu diketahui media e-learning apa yang banyak digunakan dalam proses pembelajaran online, hal – hal apa sajakan yang menjadi pertimbangan dalam menentukan media e- learning yang digunakan dalam proses pembelajaran serta kekurangan dan kelebihan pembelajaran Bahasa Inggris dengan e-learning di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Metro. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini melibatkan 7 dosen Bahasa Inggris yang mengajar di Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Metro. Google classroom dan Whatsapp menjadi media pembelajaran online yang banyak diminati oleh pengguna baik itu sebagai media satu-satunya maupun sebagai media pendukung. Faktor yang menjadi pertimbangan dalam menentukan media pembelajaran online diantaranya adalah faktor Usability (mudah digunakan),Affordability (Murah dan harganya terjangkau),Accessibility (Mudah diakses),Dapat digunakan pada Smartphone. Adapaun kelebihan pada pelaksanaan e-learning adalah fleksibel, hemat alat tulis, mahasiswa menjadi mandiri, mahasiswa menjadi aktif. Sedangkan kekurangan dari pelaksanaan e-learning adalah Akses Internet yang tidak merata,Interaksi antara Dosen dan Mahasiswa Menjadi lebih berjarak,Proses belajar mengajar cenderung ke arah pelatihan bukan pendidikan,Siswa yang tidak mempunyai motivasi belajar cenderung gagal.
Kata Kunci : Covid-19, E-learning, Bahasa Inggris
Full Text:
PDFReferences
Afni Regita Cahyani Muis, Transparansi Kebijakan Publik Sebagai Strategi Nasional Dalam Menanggulangi Pandemi Covid 19, Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i Vol 7 No.5 (2020) pp.439-454,DOI: 10.15408/sjsbs.v7i5.15317
Danin Haqien, Aqilah Afifadiyah Rahman, Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Vol.5 No.1 Agustus 2020 p-ISSN: 2527-967X e-ISSN: 2549-2845
Ike Yustanti,Dian Novita, Pemanfaatan E-Learning bagi para pendidik di era Digital 4.0, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan program Pascasarjana Universitas Negeri Palembang 12 Januari 2019
Imade Sujana,Untung Waluyo,Arifudin, Henny Soepriyanti. Pengembangan “Content” Google Classroom untuk Guru dan Mahasiswa Bahasa Inggris Kota Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyaarakat Vol.2 No 4, November 2019 e-ISSN. 2614-7939 p-ISSN. 2614-7947.
John W. Creswell, Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches (California: SAGE Publications, Inc, 1994), hal. 145
Mona Nailul, Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona di Indonesia, Jurnal Sosial Humaniora Terapan Volume 2 No.2, Januari-Juni 2020 P-ISSN 2622-1764 E-ISSN 2622-1152
Murnia suri, Nelliraharti, Aplikasi Google Classroom dalam Pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Inggris di masa Pandemi covid 19, Journal of Education Science (JES),6(2), Oktober 2020
Mutia, I, & Leonard, Kajian Penerapan e-Learning dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi, Faktor Exacta, 2013, h: 278
Raisa Siska Tanjung,Dedeh Rohayati, Pemanfaatan Group Whatsapp Pada Pengajaran Bahasa Inggris Terhadap Pramusaji Seafood Restaurant Di Pasar Ikan Pantai Timur Pangandaran, Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas Vol.3 No.2, November 2019.
Rina Husnaini Febriyanti,Hanna Sundari, Penerapan Penggunaan Platform dalam Pengajaran Bahsa Inggris Berbasis Daring, Jurnal Pengabdian Masyarakat UP#M STKIP PGRI Sumatra Barat, ISSN:2721-2688 Vol.2 No 1 (Juni 2020)
Syamsul Jamal, Analisis Kesiapan Pembelajaran E-Learning saat Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Tambelangan, Jurnal Nalar Pendidikan Volume 8, Nomor1, Jan-Jun 2020 ISSN: 2339-0794
Yanti Etri, Nova Fridalni, Harmawati, Mencegah Penularan Virus Corona, Jurnal Abdimas Saintika Volume 2 Nomor 1 EISSN : 2715-4424
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F21705
Refbacks
- There are currently no refbacks.