Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran dan Komitmen Kerja Guru Melalui Supervisi Akademik Di SD Negeri 9 Namang Kabupaten Bangka Tengah

Sampirni Sampirni

Abstract


Esensi supervisi akademik sama sekali bukan menilai kinerja guru dalam mengelola proses pembelajaran, melainkan membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalismenya. Keberhasilan pendidikan pada satuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh peran kepala sekolah sebagi peneliti dalam kepemimpinan pembelajaran terhadap para guru. Kegagalan pembelajaran pada satuan pendidikan dapat diatasi dengan usaha dan peran kepala sekolah yang mampu mendeteksi dini kelemahan guru dalam mengevaluasi hasil belajar siswa dengan peranannya sebagai peneliti. Kegagalan dan keberhasilan guru juga dipengaruhi oleh kemampuan pemahaman guru terhadap proses pembelajaran. Ketidakmampuan guru memahami maksud dan tujuan pembelajaran dapat mempengaruhi hasil pembelajaran. Guru dituntut mampu memahami makna dan karakter kurikulum sehingga dapat menguasai materi, metoda, teknik, evaluasi pembelajaran sehingga hasil pembelajaran pada suatu satuan pendidikan dapat dicapai secara maksimal dan bermutu. Penelitian ini berlokasi di SD Negeri 9 Namang. Adapun sasaran utama dilakukan supervisi akademik SD Negeri 9 Namang adalah untuk menguji kemampuan-kemampuan guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan selama bulan Oktober-November 2019. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan menggunakan metode Rencana, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan sekolah dapat disimpulkan bahwa bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan motivasi guru dalam menyusun administrasi mengajar dengan lengkap dan perencanaan mengajar melalui supervisi akademik sehingga menghasilkan pembelajaran yang llebih bermutu serta dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyiapkan perencanaan pembelajaran yang pada akhirnya meningkatkan mutu pembelajaran.

 

Kata kunci: Upaya, Peningkatan Mutu, Pembelajaran dan Komitmen, Kerja Guru, Supervisi akademik


Full Text:

PDF

References


Creswell, John W. 2014. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Flanders, N. A. (1976) Interaction Analisys and Clinical supervision “ Jounal of Research and development in education, volume 9 Georgia.

Glickman, C.D. (1981) Developmental Supervision. Washington : Asosiation for Supervision and curiculum Developmen.

Gregorio, H.C. (1996) School Administration and Supervision, Philipine, R.P. Garcia Publishing Company, Quezon City.

Miles, Matthew B. And A. Michael Huberman. 1984. Qualitative Data Analysis (terjemahan). Jakarta: UI Press

Neagley, Ross L. dan Evans, N. Dean. 1980. Handbook for Effective Supervision of Instruction.New York:Englewood Cliffs-Prentice Hall, Inc.

Nolan, J.F. 2011. Teacher supervison and evaluation, wiley: United State of America.

Peraturan menteri Pendidikan Nasional No. 13 Tahun 2007 tentang standar kompetensi kepala sekolah/ madrasah, Jakarta.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2008

Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogjakarta: Hikayat.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F21592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.