MINAT SISWA SMA TALANG PADANG MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI

Wellfa Rina Hamer, Raden Gunawan Sudarmanto, Teddy Rusman

Abstract


The aim of this research aim to analysis the effect of intellectual intelligence (IQ) and emotional intelligence (EQ) to continue study to university. The method used is descriptive method of verification with ex post facto approach and survey. The results show: 1) There is the influence of the intellectual intelligence to interest of students to continue their studies to university students of SMA Negeri 1 Talang Padang. 2) There is the influence of the emotional intelligence to interest of students to continue their studies to university students of SMA Negeri 1 Talang Padang. 3) There is the influence of the intellectual intelligence and emotional intelligence to interest of students to continue their studies to university students of SMA Negeri 1 Talang Padang.

 

Penelitian ini bertrujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Hasil analisis menunjukkan: 1) Ada pengaruh kecerdasan intelektual terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa SMA Negeri 1 Talang Padang. 2) Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa SMA Negeri 1 Talang Padang. 3) Ada pengaruh kecerdasan intelektual   dan kecerdasan emosional terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa SMA Negeri 1 Talang Padang.

 

Kata kunci: intelektual, emosional, minat studi

 


Full Text:

PDF

References


Agustian, Ary Ginanjar (2005) Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual. Jakarta: Arga.

Dalyono, M. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Goleman, Daniel (2004) Emosional Intelligence, Mengapa EQ Lebih Penting dari IQ. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel (2000) Working with Emosional Intelligence.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rusman, Teddy. 2011. Aplikasi Statistik Penelitian dengan SPSS. Pendidikan Ekonomi: Universitas Lampung

Salovey dan Mayer (2000) Handbook Emotional Intelligence training, prime consulting. Jakarta: Gramedia.

Sugiyono (2010) Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Penerbit Alfabeta.

W. S Winkel (2000) psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F2153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.