KOMPARASI BERPIKIR KRITIS PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING MEMPERHATIKAN GAYA BELAJAR

Durroh Nihayah Hamhij, Pujiati Pujiati, Albet Maydiantoro

Abstract


This study aims to determine the comparison of critical thinking skills of students whose learning uses problem based learning and discovery learning models by observing the learning styles of eleventh grade social students at MAN 2 Bandar Lampung. The study population was 140 students with a total sample of 70 students using cluster random sampling research techniques. This type of research used in this study is comparative to quasi-experimental. This analysis technique uses two independent sample t-test formulas and two-way analysis of variance. The results of data analysis show that Fcount> Ftable or 4.060> 3.98 which means that there are differences in students' critical thinking abilities whose learning uses problem based learning learning models compared to those using discovery learning models and Fcount> Ftable or 106,677> 3.98 which means there are interactions between learning models with student learning styles on students' critical thinking skills.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model problem based learning dan discovery learning dengan memperhatikan gaya belajar siswa kelas XI IPS MAN 2 Bandar Lampung. Populasi penelitian ini 140 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 70 siswa dengan menggunakan teknik penelitian cluster random sampling. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah komparatif dengan eksperimen semu. Teknik analisis ini menggunakan rumus t-test dua sampel independen dan analisis varian dua jalan. Hasil analisis data menunjukkan Fhitung > Ftabel atau 4,060 > 3,98 yang berarti terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang  pembelajarannya menggunakan model problem based learning dibandingkan dengan yang menggunakan model discovery learning dan Fhitung > Ftabel atau 106,677 > 3,98 yang berarti terdapat interaksi antara model dengan gaya belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

 

Kata kunci: berpikir kritis, discovery learning, gaya belajar, dan problem based learning


Full Text:

PDF

References


Alam S. (2013). Ekonomi Untuk SMA dan MA Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga.

Balim, A. G. (2009). “The Effect of Discovery Learning on Students Success an Inquiry Skills”. Eurasian Journal of Educational Research / Issue, 35, 1- 21.

De Porter dkk. (2010). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Dewi, T.S. (2015). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekonomi Di Sma Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Prosiding Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis.

Djamarah dkk. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Mandiri.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konstekstual dalam Pembelajaran Abad Bogor : Ghalia Indonesia.

Johnson, E. B. (2014). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Kaifa: Bandung.

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F20434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.