PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SDN 02 METRO TIMUR

Ayu Monika Sai, Bilal Fakhrudin, Lusi Anggraini, Anita Lisdiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan belajar siswa menggunakan model pembelajaran Talking Stick di SDN 02 Metro Timur pada mata peajaran IPS. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN 02 Metro Timur dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B SDN 02 Metro Timur. Pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa kelas V B SDN 02 Metro Timur menggunakan model pembelajaran talking stick mengalami peningkatan, dimana sebelum diterapkannya model pembelajaran talking stick persentase keaktifan siswa hanya mencapai 70%, setelah diterapkannya model pembelajaran talking stick persentase keaktifan siswa meningkat menjadi 90%. Selain dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, diterapkannya model pembelajaran talking stick pada kelas V B SDN 02 Metro Timur juga dapat meningkatkan hasil belajar siswanya. rata-rata tes kognitif siswa yang sebelumnya hanya 76,59 menjadi 89,31. Bersdarkan hasil penelitian model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.


Kata kunci : Model Pembelajaran Talking Stick, Keaktifan Belajar


Full Text:

PDF

References


Faradita, Meirza Nanda. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Surabaya.

Idrus, Cici. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Talking Stick dengan Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMAN 1 Bonjol Kabupaten Pasaman. Padang Sumatera Barat.

Lidia, Wijayanti. dkk. 2018. Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS. Tulungagung.

Lisdiana, A. (2017). Perbandingan keterampilan sosial menggunakan model Time Token dan TS-TS dengan memperhatikan Konsep Diri. Jurnal Studi Sosial. Vol.5, No.2

Lisdiana, A. (2019). Memantik Ketrampilan Sosial Siwa Melalui Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray ( TS-TS) Tarbawiyah, 3(2), 162–183.

Lisdiana, A. (2019). Profil Keterampilan Sosial Siswa MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. JIPSINDO, 6(2), 112–130.

Ngatiyo, Rasmani Hasan H.dkk. 2017. Penerapan Talking Stick untuk Motivasi Belajar Mata Pelajaran Kelas III SDN 04 Pontianak. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Pour, Agustina Novita Sari. dkk. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Mataram.

Sapriya. 2017. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran Remaja RosdaKarya: Bandung.

Siregar, Suriani. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Visual Siswa pada Konsep Sistem Indera. Aceh Tenggara.

Suryabrata, Sumadi. 2012. Metodologi Penelitian. PT RajaGrafindo Persada: Jakarta.

Suwardi. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Sekolah Dasar. Banjarbaru.

Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. RajaGrafindo Persada: Jakarta.

Wardani, Purwasih, A., Lisdiana, A., & Hamer, W. (2019). Pendampingan pelaksanaan penelitian tindakan kelas dalam meningkatkan profesionalisme guru di kabupaten pringsewu. 1(2), 323–342.,

Widayati, Ani. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia.

Wijanarko, Yudi. 2017. Model Pembelajaran Make A Match Untuk Pembelajaran IPA yang Menyenangkan. Sleman Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F20247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.