PENGARUH POTENSI, MOTIVASI, TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI MELALUI PRESTASI BELAJAR
Abstract
This study aims to determine how much influence of variable Self Potential, Learning Motivation, and Peer Environment on Interest to Continuing Study to the College through Learning Achievement of 12th Class IPS Students at SMA Gajah Mada Bandar Lampung Academic Year 2017/2018. This research method is explanative research method with ex post facto approach and survey. The population in this study amounted to 46 students. The sample obtained were 46 students and sampling technique is saturated sample. The result of research shows there is influence of Self Potential, Learning Motivation, and Peer Environment on Interest to Continuing Study to the College through Learning Achievement.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel Potensi Diri, Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi melalui Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPS SMA Gajah Mada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 46 siswa. Sampel yang diperoleh adalah 46 siswa dan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Potensi Diri, Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi melalui Prestasi Belajar
Kata Kunci: potensi diri, motivasi belajar, lingkungan teman sebaya, minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi, prestasi belajar
Full Text:
PDFReferences
. 2016. Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional UU RI No 20 tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafika.
Hamalik, Oemar. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumu Aksara.
Hurlock, Elizabeth B. 2006. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Indriyanti, N., Siswandari, & Ivada, E. (2013) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta. Dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi. Hal 1-11 Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.
Nashar, Drs. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press
Prihadi, Endra K. 2004. My Potensi. Jakarta: Efek Media Komputindo
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyarto. 2010. Memberdayakan Potensi Kaum Muda. Klaten: Cempaka Putih
Syah, Muhibbin. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Walgito, Bimo. 2007. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi
Wardani, Wardani. (2019). Pendampingan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Kabupaten Pringsewu. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 Juli-Desember 2019
Wardani, Wardani. (2019). Pengaruh Kecerdasan Adversitas dan Kecerdasan Emosional melalui Model Inkuiri Sosial terhadap Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS Volume 4, No. 2, 2019, ISSN 2503-5307
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F20237
Refbacks
- There are currently no refbacks.