PENGARUH MARKETING MIX (PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION) DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN
Abstract
Penelitian ini membahas tentang mempelajari Bauran Pemasaran ( Produk, Harga, Tempat, Promosi ) dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan asosiatif dengan menggunakan ex post facto dan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah 350 pelanggan di Rumah Makan Ibu Diah Bandar Lampung dan 78 sebagai responden. Sampel pengumpulan data yang digunakan dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis dengan regresi linier dan analisis jalur.Hasil analisis menunjukkan hasil penelitian yang mengumpulkan kepuasan pengunjung berdasarkan oleh variabel sebesar 91,7% dan sisanya 8,3% dibutuhkan oleh faktor lain yang tidak diperlukan dalam penelitian ini.
Penelitian ini membantu untuk mempelajari mempelajari Bauran Pemasaran ( Produk, Harga, Tempat, Promosi ) Dan KUALITAS Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan . Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan membahas ex post facto dan survei . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan di Rumah Makan Ibu Diah Bandar Lampung dengan jumlah sebanyak 350 pelanggan dan sampel sebanyak 78 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan, dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis menggunakan regresi linier dan analisis jalur. Berdasarkan analisis data yang diharapkan tentang kepuasan pelanggan oleh Marketing Mix ( Produk, Harga, Tempat, Promosi ) dan kualitas pelayanan sebesar 91,7% terhadap kepuasan pelanggan dan sisanya sebesar 8,3% dibutuhkan oleh faktor lain yang tidak sesuai dengan penelitian ini.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Produk, Harga, Tempat, Promosi , kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan
References
David, Fred R. 2011. Strategic Management. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Basu, Swasta dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Daryanto dan Setyobudi Ismanto. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Malang: Gava Media.
Deliyanti Oentoro. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: LakBang PRESSindo.
Bob Foster. 2008. Manajemen Ritel. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Sudjarwo dan Basrowi.2009. Manajemen Penelitian Sosial. Bandung : CV. Mandar Maju.
Universitas Lampung. 2011. Format Penulisan Karya Ilmiah Universitas Lampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F20224
Refbacks
- There are currently no refbacks.