Daya Dukung SMA Muhammadiyah 2 Metro Dalam Meraih Prestasi

Anna Stasya, M Gilang Febrata, Wardani Wardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana daya dukung yang di berikan oleh sekolah SMA Muhamadiah 2 Metro terhadap siswanya dalam meraih prestasi di bebagai bidang, baik akademik maupun non akademik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian tersebut yaitu metode kualitatif. Metode kualitatif yaitu metode yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis, proses dan makna lebih ditonjolkan dalam penelitian dan juga landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta dilapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa daya dukung yang di berikan SMA Muhamadiyah 2 metro terhadap siswa dalam meraih prestasi yaitu dengan memberikan berbagai motivasi sebanyak-banyaknya, meberikan pendidikan karakter yang baik, bemberikan berbagai buku terhadap siswanya sesuai dengan minatnya dan juga menyediakan kegiatan ekstrakulikuler untuk menunjang bakat yang dimiliki oleh setiap siswa, dan juga mengadakan seminar di ruang lingkup sekolah untuk mendorong siswa agar lebih giat lagi menggali prestasi yang meraka miliki sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Kata Kunci: Daya Dukung Sekolah, Prestasi, siswa

Full Text:

PDF

References


Dewi Kusuma Aldian. 2019. Upaya kepala madarasah dalam menumbuhkan prestasi non akademik siswa, IAIN Surakarta

Dewi Purnama Ana. 2012. Peran Budaya, FISIP UI

Moedjiarto. 2002. Karakteristik Sekolah Unggul. Jakarta: Duta Graha Pustaka

Mulyani. E . 2012. Manajemen Berbasis Madarasah. Bandung: Remaja Rosodakarya.

Permendikbud. 2013. (Online), (https://akhmadsudrajat.wordpress.com/...download-aneka-permendikbud-tentang-kurikulum)

Sunarto dan Haryanto, B. 2002. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta

Wardani, Wardani. (2014). Pengembangan Model Webquest pada Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Studi Sosial Vol. 2 No. 1

Wardani, Wardani. (2019). Pengaruh Kecerdasan Adversitas dan Kecerdasan Emosional melalui Model Inkuiri Sosial terhadap Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS Volume 4, No. 2, 2019, ISSN 2503-5307

Wardani, Wardani. (2019). Internalisasi Nilai dan Konsep Sosialisasi Budaya dalam Menjunjung Sikap Persatuan Masyarakat Desa Pancasila. Vol. 6 No. 2 Tahun 2019.

Yuzarion. 2017. “Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Ilmu Pendidikan, STKIP PGRI Sumatra Barat, volume 2 nomor 1, Juni 2017: 107-117




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F20191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.