Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Belajar Diskusi, Model Pembelajaran Konvensional, Time Token Dan Inquiry Di Kelas VII MTsN 2 Lampung Timur

Rifa Aprilia, Dharma Ridha Sofina, Dewi Chantika S, Atik Purwasih

Abstract


Model Pembelajaran Konvensional selama ini dianggap sebagai model pembelajaran yang membosankan, oleh sebab itu penelitian bertujuan untuk mencari jawaban model pembelajaran yang sesuai. Model pembelajaran Inquiry dan Time Token diharapkan menjadi jawaban pokok persoalan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Kausal Komparatif. Penelitian ini dilakukan di kelas VII MTsN 2 Lampung Timur dengan penerapan model pembelajaran inquiry di kelas VIIc, Konvensional di kelas VIIe dan model pembelajaran Time Token di kelas VIIb. Hasil dari penelitian tersebut memaparkan bahwa model pembelajaran yang berhasil dalam perkembangan nilai interaksi socsal adalah model inqury dan konvensional, sedangkan time token kurang berhasil.

Kata kunci: Inquiry, Time Token, Konvensional

Full Text:

PDF

References


Hanafiah, Nanang. 2012 Suhana, Cucu, Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama

Tusrianto, 2004 Pembelajaran IPS SD/MI. Lampung:STAIN Jurai Siwo Metro

Sanjana, Wina, 2016 Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group

Wardani, Wardani. (2019). Pendampingan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Kabupaten Pringsewu. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 Juli-Desember 2019

Wardani, Wardani. (2019). Pengaruh Kecerdasan Adversitas dan Kecerdasan Emosional melalui Model Inkuiri Sosial terhadap Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS Volume 4, No. 2, 2019, ISSN 2503-5307

Wardani, Wardani. (2019). Internalisasi Nilai dan Konsep Sosialisasi Budaya dalam Menjunjung Sikap Persatuan Masyarakat Desa Pancasila. Vol. 6 No. 2 Tahun 2019.

Wardani, Wardani. (2014). Pengembangan Model Webquest pada Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Studi Sosial Vol. 2 No. 1




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F20189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.