Metode Pengajaran dan Kegiatan Pondok Pesantren Nuurusshoolihiin

Atika Pratiwi, Joko Sampurno, Messy Amalia Resky, Wardani Wardani

Abstract


Pondok pesantren adalah suatu tempat tinggal pelajar/santri dimana dipimpin oleh seorang kiyai untuk proses pembelajaran ilmu (agama islam) yang mana pelajar/santri jauh dari asalnya. Tujuan peneliti adalah untuk mengethui metode pengajaran dan kegiatan pondok pesantren nuurusshoolihiin karena pondok pesantren nuurusshoolihiin belum lama berdiri (masih baru). Metode penelitian yang digunakan yaitu  metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada Pondok Pesantren Nuurusshoolihiin terdapat kegiatan harian, mingguan, bulanan, tahunan dan Metode pengajaran yang digunakan pada  Pondok Pesantren Nuurusshoolihiin yaitu metode sorogan atau menyimak, metode ceramah , metode bahs almasil atau musyawarah, metode hafalan, metode praktik ibadah.

Kata kunci : Pondok Pesantren, Kegiatan dan Metode Pengajaran

Full Text:

PDF

References


Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. (Jakarta: LP3S, 1985)

Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam/ Direktorat Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren. Profil Pondok Pesantren Muaddalah. (Depag RI, 2004)

Ibnu Wahid Alfat, Reaktualisasi Fan Nahwu, Genesa Product

Kojin, Perkembangan Ilmu Nahwu melalui Metode Kritik, (Tulung Agung, STAIN Tulung Agung Press, 2013)

Mahmud Yunus, Kamus Arab-Indonesia, (Jakarta: HidakaryaAgung, 1990)

Muhammad bin ‘Ali As Shobban, Hasyi’ah As-Shobban (Haromain)

Sadikun Sugihwaras, Pondok Pesantren dan Pembangunan Pedesaan, (Jakarta: Dharma Bhakti)

Susilowati, Ulfa, Menejemen Mutu Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi, (Salatiga:Stain Salatiga Press,2009)

Wardani, Wardani. (2014). Pengembangan Model Webquest pada Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Studi Sosial Vol. 2 No. 1

Wardani, Wardani. (2019). Pengaruh Kecerdasan Adversitas dan Kecerdasan Emosional melalui Model Inkuiri Sosial terhadap Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS Volume 4, No. 2, 2019, ISSN 2503-5307

Wardani, Wardani. (2019). Internalisasi Nilai dan Konsep Sosialisasi Budaya dalam Menjunjung Sikap Persatuan Masyarakat Desa Pancasila. Vol. 6 No. 2 Tahun 2019.

Wawan Wahyuddin Iain Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Diakses tanggal 11 November 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F20175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.